ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Redmi K20 vs realme X – Smartphone Menengah “Premium” Mana Yang Lebih Bagus?

Realme X vs Redmi K20 Header

Gadgetren – Pasar menengah memang selalu menarik untuk diamati. Banyak perusahaan-perusahaan smartphone yang saling menggoda pengguna di pasar tersebut dengan perangkat baru untuk setiap waktunya.

Redmi K20 dan realme X sebagai contohnya. Belum lama Redmi K20 menyita perhatian, tetapi perhatian tersebut kemudian dicuri dengan masuknya realme X ke pasaran, termasuk pasaran Indonesia minggu-minggu ini.

Kedua perangkat baru ini memang sama-sama menawarkan sesuatu yang menarik. Tentunya, dengan beberapa perbedaan yang bisa dijadikan bahan acuan untuk membeli salah satu di antarannya.

Perbedaan Utama realme X vs Redmi K20

Kinerja

Redmi K20 dan realme X sama-sama ditunjang oleh chipset menengah “premium” Qualcomm yang sangat bertenaga. Hanya saja, Redmi K20 membawa chipset yang lebih baru ketimbang chipset yang dipakai oleh realme X.

realme X vs Redmi K20 - Kinerja

Secara teknis, chipset yang lebih baru tersebut diklaim bisa bekerja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Berdasarkan keterangan yang diungkapkan oleh KompasTekno, Snapdragon 730 yang dipakai Redmi K20 dapat 30 persen lebih cepat dari pada seri sebelumnya.

Menariknya, walaupun bisa bekerja lebih cepat, chipset ini juga diklaim oleh Qualcomm memiliki sistem pengolahan fitur kecerdasan buatan yang lebih optimal tetapi dapat bekerja dengan lebih hemat daya.

Kamera

Sama-sama didukung lensa utama yang bisa dikonfigurasi hingga 48 MP menggunakan teknologi binning-pixel, Redmi K20 menawarkan kemampuan fotografi yang lebih lengkap berkat tambahan lensa wide-angle dan telephoto yang digunakannya.

realme X vs Redmi K20 - Kamera

Perangkat jebolan dari Xiaomi ini juga memiliki dukungan kamera depan dengan resolusi yang lebih besar, yang artinya bakal bisa mengambil gambar dengan lebih detail dan tidak mudah pecah saat diperbesar.

Fitur

Sebagai ponsel premium di kelas menengah, kedua perangkat ini juga menawarkan dukungan fitur yang cukup lengkap. Keduanya sama-sama sudah dilengkapi fitur fingerprint di dalam layar, port USB yang lebih modern, Android yang terbaru, akselerometer dan giroskop.

realme X vs Redmi K20 - Fitur

Bahkan secara khusus, Redmi K20 sudah dilengkapi fitur yang belum ada di realme X, seperti NFC dan Hi-Res Audio. Selain itu, perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan baterai yang notabene lebih besar.

Tabel Perbandingan realme X vs Redmi K20

AspekRealme XRedmi K20
LayarSuper AMOLED 6,53 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Gorilla Glass 5Super AMOLED 6,39 inci FHD + (2.340 x 1.080 piksel), Gorilla Glass 5
ChipsetSnapdragon 710Snapdragon 730
GPUAdreno 616Adreno 618
RAM4 GB/8 GB6 GB
Memori Internal128 GB64 GB/128 GB
Kamera Utama48 MP (f/1.7) + 5 MP (f/2.4)48 MP (f/1,75) + 13 MP (f/2,4) wide-angle + 8 MP (f/2,4) telephoto
Kamera Selfie16 MP (f/2.0)20 MP (f/2.2)
Baterai3.765 mAh4.000 mAh
FiturDual SIM, In-Display fingerprint sensor, USB Type-C, Bluetooth 5, Akselerometer, GyroscopeDual SIM, In-Display fingerprint sensor, NFC, Hi-Res Audio, USB Type-C, Bluetooth 5, Akselerometer, Gyroscope
Sistem OperasiColorOS 6 (Android 9.0)MIUI 10 (Android Pie)

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar