ASUS TUF Gaming F15
Smartphone Tekno

5 Kelebihan dan 2 Kekurangan Redmi K20 – Flagship Killer?

Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Header

Gadgetren – Seperti kabar yang beredar sebelum-sebelumnya, Redmi akhirnya melepas Redmi K20 dan K20 Pro, yakni dua monster yang digadang-gadang bakal menjadi flagship kiler baru di pasar smartphone.

Kedua smartphone baru Redmi ini memang menawarkan spesifikasi yang cukup garang, dari mulai chipset bertenaga, baterai besar, kamera mumpuni, dan tentu saja berbagai macam fitur unggulan yang ada di dalamnya.

Secara khusus, Redmi K20 membawa spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan versi “Pro”. Lantas, apakah smartphone ini tidak layak buat dibeli? Guna menjawab hal ini, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari perangkat Redmi K20.

Kelebihan Redmi K20

1. Layar Super AMOLED yang Tangguh, Dengan Fingerprint di Dalamnya

Seperti kebanyakan smartphone yang dirilis akhir-akhir ini, Redmi K20 telah menggunakan teknologi kamera pop-up yang membuatnya memiliki layar yang lebih luas tanpa jeda atau bagian yang mengganggu.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Layar

Menariknya, dalam layar berukuran 6,39 inci ini, Redmi sudah menggunakan layar Super AMOLED, mengingat perangkat ini telah menggunakan teknologi sensor sidik jari yang tertanam di layar.

Selain itu, untuk memastikan kekuatan dari layar tersebut, Redmi juga telah melengkapi perangkat barunya tersebut dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5, yang mana memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding versi sebelumnya.

2. Performa Bertenaga

Meskipun berbeda dari versi Pro yang sudah menggunakan Snapdragon 855, Redmi K20 juga menawarkan kinerja yang bertenaga. Pasalnya, perangkat ini pun telah menggunakan chipset “semi-flagship” Qualcomm, yakni Snapdragon 730.

Berkat arsitektur Kyro 470 yang bisa dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 2.2GHz, tentu saja ada banyak aplikasi berat (termasuk game) yang bisa dimainkan dengan lancar oleh chipset tersebut.

Selain cukup bertenaga, Snapdragon 730 juga menawarkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan chipset sebelum-sebelumnya. Hal ini karena, chipset ini telah dibangun menggunakan proses pabrikasi 8 nm.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Kinerja

Chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 618. Dengan GPU ini, pengguna tidak perlu takut untuk menginstall game-game HD, meskipun diatur ke pengaturan yang paling maksimal.

Dan seperti biasanya, untuk mengimbangi kinerja dari chipset ini, Redmi menawarkan RAM dan memori internal yang sangat lega pada Redmi K20 ini. Redmi menyematkan RAM sebesar 6 GB, serta memori internal yang bisa dipilih antara 64 GB atau 128 GB.

3. Kamera yang Apik, Baik Depan Maupun Belakang

Sama seperti versi Redmi K20 Pro, smartphone baru Redmi ini pun dilengkapi dengan set kamera yang cukup lengkap. Perangkat ini telah dilengkapi dengan lensa utama 48 MP (f/1,75), lensa wide-angel 13 MP (f / 2,4), dan lensa telephoto 8 MP (f / 2,4).

Kelebihan dan Kekurangan Redmi K20 Kamera

Dengan kombinasi kamera ini, Redmi K20 cukup memadai untuk  memenuhi kebutuhan fotografi pengguna, dari mulai potret, lanskap, hingga untuk mengambil obyek yang jauh.

4. Baterai Besar

Selain memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, Redmi K20 juga menawarkan kinerja yang hemat daya. Artinya, perangkat ini akan cukup bisa diandalkan untuk digunakan sepanjang hari sebagai daily driver.

5.  Fitur Lengkap

Sebagaimana smartphone flagship, Redmi K20 juga dilengkapi dengan dukungan fitur yang cukup lengkap. Selain telah dilengkapi dengan dukungan NFC, perangkat ini pun telah dilengkapi dengan dukungan sistem kecerdasan buatan dan juga audio beresolusi tinggi (Hi-Res Audio).

Kekurangan Redmi K20

1. Fast Charging Tapi Cuma 18W

Berbeda dengan Redmi K20 Pro, smartphone ini sayangnya hanya dilengkapi dengan dukungan pengisian cepat 18W. Padahal pada seri tertinggi tersebut, Redmi sudah membekalinya dengan pengisian cepat 27W.

2. Tidak Ada Slot Memori Eksternal

Meskipun telah dilengkapi dengan memori internal yang cukup besar, Redmi K20 dan K20 Pro sayangnya tidak dilengkapi dengan dukungan slot microSD. Untuk itu, pengguna pun harus cukup rajin dalam membersihkan data-datanya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar