ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

Vivo S1 vs realme X – Sama-sama Smartphone Baru, Tapi Mana yang Lebih Menarik?

Vivo S1 vs realme X Header

Gadgetren – Smartphone realme X dipastikan akan segera hadir minggu ini. Perangkat ini bakal menjadi pesaing kuat dari perangkat besutan Vivo yang belum lama ini menyapa anak muda Indonesia, yakni Vivo S1.

Dengan dukungan kamera yang cukup baik dan spesifikasi jeroan yang bertenaga, keduanya pasti bisa menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang sedang mencari daily driver baru di tahun 2019 ini.

Namun walaupun demikian, tidak bisa dipungkiri kedua perangkat ini sangat berbeda, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi yang belum tahu, berikut perbedaan secara teknis dari kedua perangkat ini.

Perbedaan Utama Vivo S1 vs realme X

Layar

Sama-sama menggunakan teknologi Super AMOLED karena menggunakan fingerprint di dalam layar, Vivo S1 dan realme X memiliki desain layar yang sangat berbeda. Vivo S1 masih menggunakan desain layar dengan notch, sementara realme X sudah menggunakan kamera pop-up sehingga tidak ada bagian yang mengganggu di layarnya.

Vivo S1 vs realme X layar

Selain itu, kelebihan lain dari realme X ada pada bagian proteksi layarnya. Saat perangkat buatan Vivo yang ditujukan secara khusus untuk anak muda tidak menyebutkan jenis proteksi layar yang digunakannya, realme X sudah dilengkapi dengan proteksi dari Corning, yakni Gorilla Glass 5.

Kinerja

Vivo S1 hadir sebagai perangkat dengan MediaTek Helio P65 untuk pertama kalinya. Sementara realme X hadir dengan chipset flagship menengah buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 710 AIE.

Vivo S1 vs realme X Kinerja

Secara teknis, kedua chipset tersebut memiliki kinerja yang cukup setara. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil uji coba benchmark menggunakan aplikasi GeekBench pada kedua perangkat ini.

Berdasarkan hasil uji yang diulas Gizmochina, Vivo S1 bisa memperoleh 1.818 untuk single-core dan 6.019 untuk multi-core. Sementara dalam pengujian yang dilakukan JagatReview, realme X bisa memperoleh 1.841 untuk single-core dan 6.018 untuk multi-core.

Kamera

Di sektor fotografi, Vivo S1 memiliki kelebihan pada lensa wide beresolusi 8 MP pada kamera utamanya, serta lensa dengan resolusi yang lebih besar pada kamera depannya.

Vivo S1 vs realme X Kamera

Sementara realme X lebih unggul dengan kamera utama yang beresolusi lebih besar, serta fitur-fitur fotografi yang bisa membuat hasil lebih baik seperti Chroma Boost dan Nightscape.

Fitur

Dalam beberapa hal, Vivo S1 dan realme X memiliki dukungan fitur yang cukup setara. Hanya saja dalam hal ini, realme X memiliki fitur yang lebih menarik, seperti fitur Gyroscope dan USB Type-C.

Baterai

Ditunjang dengan kemampuan pengisian daya cepat, Dual-Engine Fast Charging pada Vivo S1 dan VOOC Flash Charge pada realme X, keduanya menawarkan kapasitas baterai yang berbeda.

Dalam hal ini, baterai yang digunakan pada Vivo S1 memiliki kapasitas yang lebih besar ketimbang baterai yang digunakan oleh realme X.

Tabel Perbandingan Vivo S1 vs realme X

AspekVivo S1Realme X
LayarSuper AMOLED 6,38 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel)Super AMOLED 6,53 inci Full HD+ (2.340 x 1.080 piksel), Gorilla Glass 5
ChipsetMediaTek Helio P65Qualcomm Snapdragon 710 AIE
GPUARM Mali-G52Qualcomm Adreno 616
RAM4 GB4 GB/8 GB
Memori Internal128 GB128 GB
Kamera Utama16 MP (f/1.78) + Wide 8 MP (f/2.2) + Depth 2 MP (f/2.4)48 MP (f/1.7) + 5 MP (f/2.4)
Kamera Selfie32 MP (f/2.0)16 MP (f/2.0)
FiturDual SIM, Fingerprint dalam layar, Accelerometer, Bluetooth 5, MicroUSB, Dual-Engine Fast ChargingDual SIM, Fingerprint dalam layar, Accelerometer, Gyroscope, Bluetooth 5, USB Type-C, VOOC Flash Charge
OSFuntouch OS 9 (Berbasis Android 9.0)ColorOS 6 (Berbasis Android 9.0)
Baterai4.500 mAh3.765 mAh
HargaRp 3.599.000n/a

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar