ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mudah Edit Foto Untuk Ikut Age Challenge di Instagram

Cara Age Challenge Instagram Header[Ilsutrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebuah tantangan berjudul Age Challenge sedang ramai di Instagram.  Saat ini, sudah banyak pengguna yang mengikuti tantangan tersebut, bahkan terdapat beberapa publik figur di antaranya.

Sampai dengan tulisan ini diterbitkan, tercatat sudah lebih dari tujuh puluhan ribu unggahan dengan tagar #agechallenge muncul di media sosial tersebut. Sebagian besar membawa konsep unggahan yang sama, sesuai dengan tantangan yang diberikan.

Hampir sama dengan tantang seperti biasanya, pengguna ditantang untuk mengunggah sebuah foto ke dalam layanan Instagram. Namun pada kesempatan ini, foto yang harus diunggah merupakan foto wajah yang sudah diedit menjadi tua.

Lalu aplikasi apa yang bisa digunakan? Secara umum, mereka menggunakan aplikasi editor foto khusus, yang disebut dengan FaceApp, untuk membuat foto wajah tua tersebut. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dari Google Play Store dengan syarat pembelian dalam aplikasi sekaligus iklan.

Cara Mengedit Foto Untuk Age Challenge di Instagram

Setelah berhasil mengunduh dan memasang aplikasi FaceApp ke dalam perangkat, pengguna dapat membuka aplikasi tersebut, lalu mengetuk tombol NEXT dan START beberapa kali hingga masuk ke halaman utama aplikasi.

Dari halaman utama aplikasi, pengguna yang baru pertama kali menggunakan aplikasi, perlu mengetuk tombol Allow untuk mengizinkan aplikasi mengakses galeri foto dan tombol Allow pada kamera (ketuk )untuk mengizinkan aplikasi mengambil gambar.

Jika sudah selesai, pilih foto dari galeri atau ambil foto selfie menggunakan kamera. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi berhasil memuat hasil foto atau foto yang telah kita pilih sebelumnya untuk diedit.

Setelah masuk ke halaman Editor, cari filter Age dari menu yang ditampilkan di bawah foto, dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri. Jika sudah ketemu, pilih filter tersebut, lalu pilih opsi Old pada opsi yang muncul setelahnya, dan klik tombol Apply.

Cara Age Challenge Instagram

Sebelum menyimpannya ke galeri atau membagikannya, pengguna juga bisa mengedit lagi hasilnya dengan filter yang lain, atau menambahkan beberapa obyek seperti kaca mata, jenggot, dan lain sebagainya.

Jika sudah dirasa cukup, pengguna bisa menekan tombol Unduh yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi untuk menyimpan hasilnya. Dari menu tersebut, pengguna juga bisa langsung membagikan hasilnya ke Instagram jika mereka menginginkannya.

Mungkin dalam hal ini, FaceApp bukan satu-satunya aplikasi yang menawarkan fitur ini. Dan jika kamu tahu aplikasi lainnya, bisa kok dibagikan di kolom komentar!

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar