ASUS TUF Gaming F15
Berita

Percepat Inovasi Global, OPPO Bangun Pusat Penelitian dan Pengembangan Baru di Chang’an Tiongkok

Pusat Litbang OPPO

Gadgetren – OPPO merupakan salah satu pengembang smartphone asal Tiongkok yang namanya telah populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dalam mengembangkan smartphone, OPPO selalu mencoba untuk menghadirkan inovasi terdepan mulai dari poni berbentuk waterdrop, kamera dengan sistem slider, kamera dengan kemampuan 10x zoom, hingga kamera di dalam layar.

Menariknya, OPPO dikabarkan sedang menbangun pusat penelitian dan pengembangan baru di Kota Chang’an, Dongguan, Provinsi Guangdong, Tiongkok. Pendirian pusat ini bertujuan untuk mempercepat serta meningkatkan penelitian dan pengembangan inovasi teknologi smartphone OPPO secara global.

Menurut pihak OPPO, pusat Litbang di Kota Chang’an mempunyai fungsi sebagai area pengembangan di kawasan teluk antara Guangdong – Hong Kong – Makau yang diperkirakan akan menampung 5.000 tenaga penelitian dan pengembangan setelah selesai dibangung.

Eric Zhu selaku Wakil Presiden OPPO mengatakan bahwa pusat ini dibangun dengan standar tertinggi industri dan OPPO tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam membuat pusat Litbang baru sebagai prakarsa koridor inovasi sains dan teknologi di kawasan Guangzho-Shenzhe dan membantu meningkatkan pengembangan poros Guangdong-Hong Kong-Makau-Greater Bay Area.

Sementara itu, OPPO mengeluarkan dana hingga 10 miliar Yuan atau sekitar Rp 1,28 trilun untuk pengembangan Litbang di tahun 2019 ini. Nantinya pusat Litbang baru OPPO akan bertanggung jawab atas usaha pengembangan, penelitian, desain, dan pengujian beragam piranti cerdas, termasuk smartphone dan perangkat IoT (Internet of Things).

Pihak OPPO mengungkapkan bahwa Pusat Litbang barunya di Chang’an dirancang oleh salah satu firma arsitektur global besar, Kohn Pedersen Fox Associates melalui kemitraan dengan puluhan konsultan profesional dan akan memiliki area seluas 82.000 meter persegi.

Bangunan dari Pusat Litbang ini akan mempunyai 10 menara kaca, termasuk kantor, pusat pengembangan bakat, pusat penelitian serta pengembangan, pusat penelitian internet seluler, dan pusat pengujian.

Nantinya menara ini akan berdiri setinggi 249,5 meter yang diklaim pihak OPPO akan menjadi salah satu gedung paling menarik di Dongguan. Dengan dana yang besar ini, OPPO berharap bahwa pusat penelitian dan pengembangan barunya mampu mempercepat inovasi produk buatannya secara global.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar