ASUS TUF Gaming FX507
Aksesoris Tekno

4 Perbedaan Utama Xiaomi Mi AirDots vs Mi AirDots Pro – Masih Mau Upgrade?

Perbedaan Xiaomi AirDots vs AirDots Pro Header

Gadgetren – Bulan Januari 2019 kemarin, Xiaomi meluncurkan sebuah earbud baru yang sangat mirip dengan AirPods punya Apple, bernama Mi AirDots Pro atau disebut juga dengan Mi Bluetooth Headset Air.

Perangkat baru tersebut memiliki bentuk yang sangat berbeda dengan Mi AirDots biasa yang diluncurkan sebelumnya. Yang mana dalam hal ini, perangkat true wireless bluetooth headset tersebut memiliki desain yang sangat persis dengan Apple AirPods.

Jika AirDots memiliki desain yang kecil tanpa tangkai, AirDots Pro memiliki tangkai di bagian ujungnya. Selain itu, kemiripannya dengan AirPods pun bisa dilihat dari bentuk case charging (kemasan pengisian dayanya) yang berbentuk lebih tinggi karena tangkai tersebut.

Lalu, apakah perbedaannya hanya itu saja? Secara singkat, jawabannya pasti tidak. Hal ini bisa dilihat dari harga keduanya yang terpaut sangat jauh. AirDots Pro dijual dengan harga sekitar Rp 900 ribuan, sementara AirDots biasa hanya dijual di sekitar Rp 500 ribuan.

Untuk itu, supaya tidak salah membeli perangkat tersebut – meskipun yang lebih mahal harusnya lebih bagus – berikut ini tabel perbandingan dari kedua perangkat tersebut.

Tabel Perbandingan Xiaomi Mi AirDots vs Xiaomi Mi AirDots Pro

AspekXiaomi Mi AirDotsXiaomi Mi AirDots Pro
Impedansi16 ohm (toleransi 15%)16 ohm (toleransi 15%)
BluetoothBluetooth 5Bluetooth 4.2
Fiturmikrofon, noise cancelling, touch buton, voice assitant, Micro-USBmikrofon, noise cancelling, touch buton, voice assitant, IPX4, USB Type-C
Berat (2 earpiece)0.0082 kg0.0116 kg
Baterai40 mAh100 mAh
Waktu Pengisian Daya1,5 Jam1 Jam
Stanby12 Jam30 Jam
DukunganAndroid dan iOSAndroid, iOS, dan Windows

Perbedaan Utama Xiaomi Mi AirDots vs Xiaomi Mi AirDots Pro

1. Konektivitas

Xiaomi melengkapi kedua perangkat earbud tersebut dengan teknologi Bluetooth yang sangat berbeda. Dalam hal ini, Mi AirDots memiliki spesifikasi Bluetooth yang lebih tinggi ketimbang penerusnya itu.

Secara teknis, Bluetooth 5 yang dipakai Mi AirDots bisa mengirimkan data hingga dua kali lebih cepat dari pada Bluetooth 4.2 di Mi AirDots Pro. Selain itu, versi terbaru ini juga memiliki jangkauan yang lebih luas.

2. Fitur

Yang paling membedakan dari kedua erabud buatan Xiaomi ini, terletak pada dukungan pengisian daya serta dukungan sertifikat anti air yang dimilikinya. Mi AirDots Pro yang dibanderol lebih mahal, menang dalam urusan ini.

Perbedaan Xiaomi AirDots vs AirDots Pro Case

Selain sudah dilengkapi dengan dukungan pengisian daya menggunakan USB Type-C yang bisa mengisi daya lebih cepat, Mi AirDots Pro juga dilengkapi dengan sertifikat tahan keringat IPX4.

3. Baterai

Mengusung bentuk yang lebih bongsor, Mi AirDots Pro juga dilengkapi dengan kapasitas baterai lebih besar, yang bisa bertahan hingga 30 jam. Padahal earbud tipe sebelumnya, hanya mampu bertahan hingga 12 jam.

4. Dukungan

Mi AirDots Pro juga mendukung lebih banyak perangkat ketimbang Mi AirDots. Jika Mi AirDots hanya mendukung perangkat seluler dengan sistem operasi iOS maupun Android, Mi AirDots Pro bisa digunakan juga di sistem operasi Windows.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar