ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

SolarBar – Powerbank Wireless Tenaga Matahari Untuk Smartphone dan Tablet

SolarBar Wireless

Gadgetren – Kini powerbank menjadi salah satu kebutuhan yang dibawa banyak orang untuk mengisi daya baterai smartphone maupun tablet dimanapun dan kapanpun.

Namun terkadang powerbank sendiri lupa diisi daya baterainya karena terjadi mati lampu atau sedang berada di daerah yang pasokan listriknya sedang sedikit. Untuk itu, perusahaan asal Amerika Serikat yang bernama SolarBar baru saja mengembangkan inovasinya berupa powerbank tenaga matahari yang bernama SolarBar.

Sekilas, SolarBar ini mempunyai 4 atau 8 panel Surya yang mampu mengambil energi dari cahaya matahari yang selanjutnya dikonversi menjadi daya listrik yang dibutuhkan sebagai powerbank sehingga dapat disalurkan ke perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Perangkat SolarBar juga dilengkapi dengan powerbank berkapasitas 10.000 mAh yang dapat dilepas untuk mengisi daya baterai perangkat mobile mulai dari smartphone, tablet, maupun AirPods.

Dengan bantuan 4 panel surya yang mempunyai total 10W, memungkinkan SolarBar mampu mengisi penuh Powerbank miliknya hingga 5 jam. Sementara apabila 8 panel suryanya digabungkan maka akan memiliki kekuatan 20W sehingga memungkinkan powerbank ini dapat diisi dalam waktu 4 jam.

Menariknya, powerbank SolarBar ini mampu mengisi daya baterai hingga 4 perangkat sekaligus karena didukung kabel Lightning, USB Type-C, dan microUSB. Tak ketinggalan Qi Wirelesss Charging Mat pun telah hadir di bagian atasnya.

Apabila penggunanya menggunakan panel Qi Wireless Charging maka powerbank akan memberikan daya 10W untuk mengisi daya baterai smartphone atau tablet. Sementara itu, powerbank dari SolarBar ini juga mendukung teknologi 18W Quick Charge 3.0.

SolarBar Device

Dengan kapasitas 10.000 mAh, powerbank SolarBar diklaim mampu mengisi iPhone XS sebanyak 3 kali, iPhone 6 Plus sebanyak 2,7 kali, iPad Mini 4 sebanyak 1,5 kali, dan Samsung Galaxy S9 atau Galaxy S8 Plus sebanyak 2 kali.

Selain smartphone dan tablet, pengembang SolarBar juga mengatakan bahwa powerbank dengan tenaga matahari ini dapat juga mengisi daya baterai GoPro, Kindle, action camera, drone, speaker, dan masih banyak lagi.

Dengan bobot 4 panel surya yang mencapai 335 gram dan powerbank 340 gram, membuat SolarBar praktis dibawa kenamanpun. Apalagi panel suryanya pun dapat dilipat sehingga dimensinya menjadi lebih kecil lagi.

SolarBar ini menggunakan panel surya monocrystalline yang berkualitas dari LG atau Sunpower dengan teknologi inovatif sel surya Interdigitated Back Contact (IBC) yang mampu 22,5% lebih efisien dibandingkan dengan teknologi sel surya tradisional.

Menariknya lagi, panel surya yang hadir pada SolarBar ini tahan air, debu, dan goresan sehingga membuat penggunanya dapat merasa nyaman ketika sedang berpetualang di lingkungan luar, seperti gunung, gurun, maupun lembah.

Pihak SolarBar sendiri sedang melakukan penggalangan dana di Kickstarter dengan target mencapai US$5000 atau sekitar Rp 70,5 juta. Hingga berita ini diterbitkan, SolarBar sendiri telah berhasil mengumpulkan dana hingga US$77.555 atau sekitar Rp 1,09 miliar.

[Sumber : Kickstarter]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar