ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Inilah 11 Smartphone Xiaomi yang Dapat Android Q Beta. Apakah Punyamu Termasuk?

Redmi-K20-Feature

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Google telah mengumumkan kehadiran update sistem operasi Android Q Beta untuk smartphone dari beberapa vendor.

Nantinya update sistem operasi ini tidak sekaligus bersamaan akan langsung didapatkan oleh smartphone yang terdaftar, melainkan akan digulirkan secara bertahap. Xiaomi merupakan salah satu vendor yang beberapa smartphone buatannya akan mendapatkan Android Q Beta.

Berdasarkan informasi dari Forum MIUI, 11 smartphone Xiaomi tercatat akan mengikuti program beta untuk bisa mencicipi Android Q Beta. Nantinya 9 smartphone Xiaomi akan mendapatkan Android Q Beta pada Kuartal keempat tahun 2019. Sementara 2 sisanya akan mendapatkannya antara bulan Januari dan Maret 2020.

Sebagai rinciannya, Xiaomi Mi 9, Mi 9 SE, K20 Pro, K20, Mi 8, Mi 8 Pro, Mi 8 Explorer, Mi MIX 2S, dan Mi Mix 3 secara resmi akan mendapatkan update Android Q Beta pada Kuartal keempatan tahun 2019.

Terlihat Redmi K20 Pro dan Redmi K20 akan menjadi 2 smartphone keluarga Redmi yang mendapatkan Android Q Beta terlebih dahulu. Hal ini cukup wajar mengingat kedua smartphone ini baru dirilis dan spesifikasi hardware yang dimiliki kedua smartphone tersebut menarik.

Sementara Redmi Note 7 Pro dan Redmi Note 7 yang akan menerima update Android Q Beta Kuartal pertama tahun 2020. Dengan kata lain, Xiaomi telah memprioritaskan 4 smartphone keluarga Redmi untuk bisa mendapatkan update yang terdepan.

Selain itu, terlihat bahwa 11 smartphone yang masuk dalam daftar ini memang memiliki spesifikasi hardware yang tinggi, baik untuk kelas menengah maupun atas sehingga memudahkan Xiaomi mengimplementasikan sistem operasi Android baru tanpa terlalu terkendala dengan kemampuan hardware smartphone.

Sistem operasi Android Q sendiri memiliki beberapa fitur menarik, mulai dari Live Caption yang memungkinkan audio yang berada di dalam video akan diterjemahkan dalam teks secara real-time, Smart Reply yang dapat memprediksi kata apa saja yang akan pengguna smartphone balas dalam sebuh cepat, dan masih banyak lagi.

Namun Xiaomi juga belum mengungkapkan, apakah smartphone lain buatannya yang tidak masuk ke dalam daftar ini akan mendapatkan update Android Q atau hanya update versi MIUI tanpa peningkatan versi Android. Untuk itu, mari kita tunggu jawabannya seiring berjalannya waktu.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar