Review Smartwatch

Review realme Watch 3 – Ada Sensor SpO2 dan Bisa Dipakai Menelepon

realme Watch 3

Gadgetren – realme Watch 3 adalah smartwatch terbaru dari realme dengan harga yang tidak membuat kantong jebol dan menghadirkan berbagai fitur standar layaknya smartwatch.

Dari sisi tampilan, realme Watch 3 berbentuk persegi panjang yang terlihat tidak begitu berbeda jauh dibanding pendahulunya.

Bagian sisinya terlihat datar dan menggunakan material metal yang reflektif. Di bagian sisi ini terdapat beberapa komponen seperti tombol fisik dan lubang speaker. Di bagian belakangnya terdapat sensor detak jantung dan Sp02 serta kontak pengisian daya.

realme Watch 3
  • Layar - 7/10
    7/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Desain - 7/10
    7/10
8/10

Ringkasan

realme Watch 3 adalah smartwatch yang menarik di kelasnya dengan baterai tahan lama dan fitur yang cukup lengkap. Namun begitu fitur-fitur ini terbatas dari apa yang telah disediakan oleh realme saja.

Pros

  • Baterai tahan lama
  • Ada sensor SpO2
  • Fitur lengkap

Cons

  • Tidak dapat diinstal aplikasi tambahan
  • Layar kurang jelas di bawah terik matahari

Untuk tali jamnya, realme Watch 3 menggunakan model quick release standar berukuran 22mm sehingga dapat diganti dengan tali jam yang umumnya ditemukan di pasaran.

realme Watch 3

Melihat harganya yang tidak mahal, saya tidak memiliki ekspektasi tinggi untuk kualitas material yang digunakan oleh smartwatch ini. Kualitasnya materialnya terasa biasa aja namun begitu pergelangan tangan saya tetap terasa nyaman ketika menggunakan smartwatch ini dalam waktu yang lama.

Layarnya berukuran 1,8″ beresolusi 240×286 piksel dan kecerahan 500 nits dengan bezel yang masih cukup kentara terutama di bagian dagunya. Kualitas tampilan layarnya sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari walau di bawah terik sinar matahari tampilannya agak sulit terlihat.

realme Watch 3 sudah tersertifikasi IP68 yang mana berarti tahan air dan debu. Pernah suatu waktu jam ini saya kenakan dalam kondisi basah dan jamnya masih dapat berfungsi dengan normal.

realme Watch 3 - realme Link

Untuk mengkoneksikan realme Watch 3 dengan handphone lain diperlukan aplikasi realme Link dan koneksi Bluetooth. Sepengalaman saya, proses pengkoneksian berjalan dengan mudah tanpa kendala.

Melalui realme Link, saya bisa menyetel smartwatch ini dengan lebih leluasa namun fungsinya terbatas dengan apa yang sudah realme sediakan tanpa ada fitur untuk menginstal aplikasi tambahan.

Aplikasi ini juga dapat menyetel watch face mana yang terpasang dan aktif di dalam realme Watch 3. Namun perlu dicatat, kita hanya bisa memasang 3 watch face dari seratusan watch face yang tersedia. Fungsi dalam watch face-nya pun tidak dapat disesuaikan dengan preferensi.

realme Watch 3 dapat menyajikan notifikasi yang masuk di handphone yang tersambung ke layar smartwatch. Notifikasi ini juga dapat dilihat detailnya walau tidak terdapat quick action untuk misalnya membalas pesan.

Sayangnya notifikasi ini tidak otomatis hilang ketika notifikasinya dihapus dari handphone. Ditambah lagi untuk menghapus notifikasi yang bertumpuk juga agak repot karena tombol hapus seluruh notifikasi ada di paling bawah daftar notifikasi.

realme Watch 3 - realme Link

Untuk pnecatatan aktivitas olahraga, realme Watch 3 mendukung berbagai jenis olahraga mulai dari berlari, berjalan kaki, bersepeda, sepakbola, basket, renang, hingga mendaki. realme Watch 3 memerlukan koneksi GPS dari handphone yang terkoneksi agar dapat mencatat aktivitas olahraga tersebut.

Selain ini smartwatch ini dilengkapi dengan sensor detak jantung dan SpO2 yang dapat disetel agar otomatis aktif tiap saat. Ditambah lagi realme Watch 3 juga dapat mendeteksi kadar stres dan kualitas tidur sehari-hari.

Ada juga fitur panggilan telepon yang dapat dilakukan langsung melalui smartwatch ini melalui speaker dan mic yang terpasang di dalamnya.

Nomor telepon pun dapat dimasukkan secara manual melalui tombol di layar smartwatch atau bisa juga langsung menelpon kontak yang sudah dimasukkan ke daftar favorit melalui realme link.

Audio yang dihasilkan oleh speakernya cukup kencang dan suara saya terekam dengan cukup jelas walau terdengar agak mendem oleh lawan bicara saya. Fitur ini menarik karena dapat langsung menelpon dari smartwatch tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan seperti headphone.

realme Watch 3

Satu hal yang sangat memuaskan dari realme Watch 3 adalah ketahanan daya baterainya yang berkapasitas 340mAh. Dari hasil pengetesan saya, realme Watch 3 tahan selama 11 hari dari baterai 100% ke 20%. Namun ini perlu dicatat, saya lebih sering menggunakannya sebagai smartwatch saja bukan sebagai pencatat aktivitas olahraga.

Secara keseluruhan, realme Watch 3 adalah smartwatch yang menarik di kelasnya dengan baterai tahan lama dan fitur yang cukup lengkap. Namun begitu fitur-fitur ini terbatas dari apa yang telah disediakan oleh realme saja.

Tinggalkan Komentar