ASUS Zenbook DUO UX8406
Smartphone Tekno

5 Kelebihan dan 2 Kekurangan ASUS Zenfone 6 yang Wajib Diperhatikan Sebelum Upgrade

Kelebihan dan Kekukrangan ZenFone 5 - Header

Gadgetren – Melalui acara yang digelar di Spanyol, ASUS meluncurkan sebuah smartphone premium baru yang sudah ditunggu-tunggu oleh para ZenFans. Smartphone premium tersebut adalah ASUS Zenfone 6.

Hadir dengan membawa konsep yang lebih baru, Zenfone 6 memang cukup menarik perhatian. Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang kini menggunakan kamera pop-up, Zenfone 6 menawarkan kamera flip yang sudutnya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, perangkat yang bakal jadi andalan ASUS ini pun telah dilengkapi dengan beberapa kelebihan. Apa saja itu? Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan ASUS Zenfone 6

1. Layar yang Lebih Luas dan Semakin Kuat

Kelebihan dan Kekukrangan ZenFone 5 - Layar

Berkat teknologi flip camera yang digunakannya, Zenfone 6 memiliki layar yang sangat luas. Dalam layar berukuran 6,4 incinya, tidak ada lagi notch atau punch hole yang memotong di bagian tertentu.

Selain itu, untuk memberikan ketahanan lebih, ASUS sudah menyematkan Gorilla Glass 6 pada perangkat ini. Bagi yang belum tahu, Gorilla Glass 6 memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menahan benturan.

2. Kinerja Lebih Bertenaga

Kelebihan dan Kekukrangan ZenFone 5 - Chipset

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, Zenfone 6 hadir dengan chipset seluler tertinggi Qualcomm, Snapdragon 855. Dengan chipset ini, ASUS menawarkan kinerja yang lebih mumpuni dibandingkan versi sebelumnya.

Dalam uji benchmark sintetis yang dilakukan oleh GSMArena, perangkat baru ASUS ini pun mengalah beberapa flagship lain baik di pengujian menggunakan Geekbench, AnTuTu, maupun beberapa alat lainnya.

3. Kamera yang Semakin Bagus

Kelebihan dan Kekukrangan ZenFone 5 - Kamera

Selain sudah menggunakan teknologi flip camera yang bisa mengubah kamera belakang menjadi kamera depan, Zenfone 6 juga telah dilengkapi dengan sensor kamera yang lebih baik.

Perangkat ini sudah dipersenjatai dengan lensa utama Sony IMX586, yang memiliki resolusi 48 MP, yang ditunjang dengan teknologi Quad Bayer untuk menghasilkan sensitivitas yang lebih baik.

Selain itu pun, Zenfone 6 juga membawa peningkatan di lensa ultra-wide yang digunakannya. Lensa ultra-wide Zenfone 6 kini memiliki resolusi yang lebih besar dan jangkauan yang lebih luas.

4. Fitur Lengkap

Seperti kebanyakan smartphone flagship lainnya, ASUS menawarkan fitur yang lengkap dalam perangkat ini. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti NFC, Laser Autofocus Sensor, Fingerprint, dan lain sebagainya.

5. Baterai Besar

Kelebihan dan Kekukrangan ZenFone 5 - Baterai

Baterai Zenfone 6 bakal menjadi andalan ASUS dalam melakukan penetrasi pasar. Hal ini karena perangkat ini telah dilengkapi dengan baterai yang besar berkapasitas 5.000 mAh dan didukung berbagai fitur seperti Quick Charge 4.0 dan Reverse Charge.

Kekurangan ASUS Zenfone 6

1. Tidak Ada Sertifikat Anti Air (IP Rating)

Meskipun diklaim oleh ASUS memiliki daya tahan terhadap percikan air, seperti saat hujan, Zenfone 6 sayangnya belum dilengkapi dengan IP Rating. Padahal di kelasnya, kebanyakan smartphone sudah mengusung hal tersebut.

2. Layar Yang Tidak Terlalu Terang

Pada beberapa ulasan pada saat melakukan hands-on, layar Zenfone 6 memiliki sebuah catatan khusus. Layar perangkat ternyata tidak terlalu terang, bahkan cenderung mengalami penurunan kecerahan saat digunakan dengan sudut tertentu.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar