Smartphone Sponsored Content

Desain Smartphone OPPO Seri F dari Masa ke Masa

Gadgetren – Popularitas smartphone OPPO di Indonesia tidak dapat dipungkiri kini semakin meningkat. Smartphone seri F dari OPPO memiliki peranan besar dalam keberhasilan OPPO di Indonesia karena menawarkan beragam fitur menarik dengan harga terjangkau.

Smartphone OPPO dari keluarga F ini juga memiliki desain yang selalu berkembang dari tahun ke tahunnya. Inovasi desain ini dilakukan OPPO untuk dapat memikat banyak orang agar memilih smartphone seri F dalam aktivitas sehari-hari.

OPPO F1 dan F1 Plus

Sejarah OPPO seri F dimulai pada tahun 2016 dengan kehadiran smartphone OPPO F1. Perangkat ini mempunyai layar 5 inci dengan resolusi HD, berteknologi IPS, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Model layar OPPO F1 pada saat itu mengikuti tren layar lebar yang lebih dari 4 inci di masanya. Sementara itu di bagian bawah layar terdapat tombol kapasitif untuk navigasi perangkat yang umum ditemukan di smartphone generasi dahulu.

OPPO F1 Layar

Frame dan bodi dari OPPO F1 ini menggunakan bahan yang terbuat dari logam sehingga terasa kokoh ketika digenggam. Smartphone ini juga dibalut dengan warna pilihan Gold dan Rose Gold yang membuatnya terlihat menawan.

Masih di tahun yang sama, OPPO juga meluncurkan smartphone lainnya yang bernama OPPO F1 Plus. Smartphone ini memiliki layar yang lebih baik dari OPPO F1 dengan lebar 5,5 inci, teknologi AMOLED, dan resolusi Full HD. Bezel layar OPPO F1 Plus pun lebih tipis dibandingkan dengan OPPO F1.

OPPO F1 Plus

Menariknya, OPPO menghadirkan tombol fisik home dengan sensor fingerprint di bagian tengahnya sehingga memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci dengan sidik jari tanpa harus memasukkan sensor fingerprint.

Untuk bodi belakang dan frame OPPO F1 Plus masih menggunakan bahan logam yang kokoh ketika digenggam. Sementara itu, desain frame kamera OPPO F1 Plus memiliki bentuk bulat yang berbeda dibandingkan dengan OPPO F1 yang kotak.

OPPO F3 dan F3 Plus

OPPO F3 Plus Header New

Beralih ke tahun 2017, OPPO meluncurkan OPPO F3 Plus dengan desain layar dan bodi belakang yang hampir mirip dengan OPPO F1s mulai dari sensor fingerprint pada tombol fisik home, bodi belakang serta frame yang terbuat dari logam, dan penempatan kamera mupun LED Flash yang susunannya mirip.

Namun OPPO F3 Plus mempunyai layar dengan lebar 6 inci, beresolusi Full HD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5. Smartphone ini juga menggunakan dua kamera depan dengan kombinasi 16 MP dan 8 MP yang mampu menghasilkan foto bokeh secara instan dan foto dengan area yang luas mempunyai sudut 120 derajat.

Desain dan dua kamera depan OPPO F3 pun hampir sama dengan OPPO F3 Plus. Yang membedakan adalah ukurannya layarnya yang lebih kecil.

OPPO F5 dan F5 Youth

OPPO F5 Feature

Mendekati akhir tahun 2017, OPPO meluncurkan F5 dan F5 Youth di Indonesia dengan desain yang lebih segar dan kemampuan kamera depan yang lebih menarik dibanding generasi sebelumnya.

Kedua smartphone ini menggunakan desain layar penuh beraspek rasio 18:9 dan bezel lebih tipis dibandingkan seri OPPO F3. Keduanya juga menggunakan layar 6 inci yang beresolusi Full HD+.

Akibat bezel layar yang semakin tipis, sensor fingerprint disematkan pada bagian belakang smartphone dan tombol navigasi pun sudah mengusung model tombol virtual.

Garis antena yang berada di bagian atas dan bawah pada bodi belakangnya sudah tidak terlihat lagi di seri ini. Baik OPPO F5 dan F5 Youth menggunakan bodi belakang dengan bahan yang terbuat dari polikarbonat sehingga terasa lebih ringan dibandingkan generasi sebelumnya.

OPPO F7

OPPO F7 Header

Berlanjut ke tahun 2018, OPPO meluncurkan F7 dan F7 Youth dengan perubahan desain yang cukup mencolok di mana smartphone ini menggunakan layar dengan desain penuh dan berponi sehingga lebih luas dibandingkan dengan OPPO F5.

Bodi belakangnya menggunakan bahan polikarbonat yang dibuat menyerupai kaca dengan balutan warna menarik seperti Solar Red, Diamond Black, dan Moonlight Silver.

OPPO F9

oppo f9 feature

Mendekati akhir tahun 2018, OPPO meluncurkan smartphone OPPO F9 di Indonesia. Perangkat yang satu ini menggunakan layar penuh dengan poni berbentuk waterdrop yang membuatnya layarnya lebih luas dibandingkan dengan OPPO F7.

Bodi belakang smartphone ini menggunakan bahan polikarbonat yang menyerupai kaca dengan pola garis yang menarik ditambah lagi smartphone-nya dibalut dengan warna Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple yang menawan.

Sensor fingerprint di OPPO F9 masih berada di bagian belakang. Tak ketinggalan, kamera belakang dari smartphone ini pun sudah menjadi dua dengan kombinasi 16 MP dan 2 MP yang berbeda dibandingkan dengan semua seri F di generasi sebelumnya.

OPPO F11 Pro

Review OPPO F11 Pro Header

Untuk seri F teranyarnya, OPPO menghadirkan gebrakan melalui OPPO F11 Pro dengan desain Panoramic Screen yang mana layarnya benar-benar memenuhi bagian depan smartphone tanpa adanya poni.

Desain ini bisa terjadi berkat kamera depan OPPO F11 Pro yang memiliki model Rising Camera. Kameranya secara bawaan tersembunyi di bagian dalam smartphone dan akan muncul di bagian atas smartphone apabila penggunanya melakukan foto selfie. Kameranya akan secara otomatis kembali sembunyi ketika sudah tidak digunakan.

Bodi belakang OPPO F11 Pro juga terlihat menarik dengan susunan dua kamera utama 48MP dan 5MP secara vertikal di bagian belakangnya. Tepat di bawahnya terdapat sensor fingerprint yang memudahkan penggunanya untuk membuka kunci dengan sidik jari.

Agar smartphone-nya terlihat semakin menawan, OPPO F11 Pro hadir dengan pilihan warna Aurora Green dan Thunder Black.

* Artikel ini disponsori oleh: OPPO

Tinggalkan Komentar

Tambahkan komentar