Aplikasi Berita

Your Phone Companion – Permudah Akses Foto dan SMS dari Smartphone Android di Laptop Windows 10

Your Phone Companion Feature

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Microsoft telah meluncurkan aplikasi terbarunya di Google Play Store bernama Your Phone Companion.

Sekilas, aplikasi Your Phone Companion ini memiliki fungsi untuk melakukan sinkronisasi smartphone Android dengan laptop atau PC bersistem operasi Windows 10 agar penggunanya dapat mengakses foto dan SMS yang terdapat di smartphone langsung di laptop atau PC Windows 10.

Untuk bisa melakukan sinkronisasi antara smartphone Android dengan laptop atau PC Windows 10, Gadgeter harus memiliki aplikasi yang terdapat pada smartphone dengan nama Your Phone Companion. Sedangkan pada laptop atau PC Windows 10 harus terdapat aplikasi bernama Your Phone.

Gadgeter dapat menginstal aplikasi Your Phone Companion pada smartphone Android dari Google Play Store secara bersamaan dengan aplikasi Your Phone di laptop atau PC Windows 10 dari Microsoft Store.

Your Phone Companion

Apabila aplikasi Your Phone di laptop atau PC Windows sudah terinstal maka Gadgeter dapat langsung mengikuti petunjuk dengan memasukkan email Microsoft yang dimiliki dan nomor smartphone utama untuk disinkronisasi dengan smartphone Android.

Sementara pada aplikasi Your Phone Companion di smartphone Android, Gadgeter dapat mencentang menu My PC is Ready dan menekan tombol Connect My PC. Selanjutnya, smartphone Android dan laptop atau PC Windows 10 akan melakukan sinkronisasi.

Sebagai catatan, Gadgeter harus menggunakan jaringan Wi-Fi yang sama pada smartphone maupun laptop agar dapat tersinkronisasi. Setelah tersinkronisasi maka Gadgeter dapat langsung melihat foto-foto yang berada di smartphone langsung di aplikasi Your Phone pada perangkat Windows 10 yang dimiliki.

Sayangnya, saat ini aplikasi Your Phone hanya dapat melihat 25 foto terbaru atau teratas yang nantinya bisa disalin maupun diedit langsung di perangkat Windows 10. Dengan kata lain, untuk foto-foto lainnya tidak bisa dilihat oleh penggunanya melalui layanan ini. Menurut saya, Microsoft sebaiknya melakukan peningkatan lagi agar semua foto dan screenshot mampu dilihat dalam aplikasi Your Phone ini.

Selain foto, Gadgeter juga dapat melihat SMS di smartphone langsung dari aplikasi Your Phone yang terdapat di laptop atau PC Windows. Namun hanya 30 percakapan terbaru yang dapat dilihat di aplikasi.

Your Phone Windows

Pada aplikasi Your Phone di laptop atau PC Windows 10, Gadgeter pun dapat langsung mengetik SMS yang dapat dikirim langsung ke nomor yang telah ditentukan. Namun tentunya ini bisa terjadi berkat sinkronisasi yang dilakukan oleh laptop dengan smartphone.

Menurut saya, aplikasi ini menarik karena dapat melakukan sinkronisasi foto dan SMS pada smartphone ke laptop atau Windows 10. Namun kekuranganya terdapat pada minimnya fitur dan tidak banyaknya jumlah data yang dapat dilihat.

Tentu saja ke depannya, Microsoft perlu mengembangkan fitur-fitur dan kemampuan dari aplikasi ini agar banyak orang semakin tertarik menggunakannya.

Tinggalkan Komentar