ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Mau Kirim WhatsApp Tanpa Menyentuh Apapun? Coba Pakai Asisten Google

OK Google Kirim Pesan Whatsapp - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Apa sih yang tak bisa dilakukan oleh Asisten Google? Meskipun belum sempurna, asisten digital suksesor dari Google Now ini merupakan salah satu asisten digital terbaik untuk saat ini.

Berkat teknologi kecerdasan buatan yang ditanamkan di dalamnya, Asisten Google benar-benar bisa menjadi asisten pribadi, yang bisa disuruh-suruh melalui percakapan dua arah seolah kita berbincang dengan manusia.

Dengan menggunakan asisten digital Google ini, kita bisa melakukan banyak hal, dari hal-hal sederhana hingga hal-hal yang sedikit rumit. Salah satunya, asisten Google bisa membantu kita membuat pesan sekaligus mengirimkannya.

Ada banyak aplikasi perpesanan yang sudah mendukung asisten digital ini, termasuk WhatsApp yang merupakan aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Cukup dengan mengucapkan kalimat “OK Google”, kita tidak perlu lagi susah-susah membuat pesan dan mengirimkannya.

Syarat Menggunakan Asisten Google Untuk Mengirim Pesan WhatsApp

Sebelum masuk ke cara untuk melakukannya, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya kamu berhasil menggunakan “OK Google” untuk mengirim WhatsApp. Pertama, pastikan aplikasi Google merupakan versi terbaru dan fitur Access with Voice Match aktif.

Bagi yang lupa mengaktifkan Voice Match saat pertama kali mengatur Asisten Google, kamu bisa membuka aplikasi Google, kemudian buka Settings dari tab More. Jika sudah masuk ke halaman Settings, selanjutnya pilih Voice, dan masuk ke bagian Voice Match.

Dari halaman tersebut, kemudian aktifkan opsi Access with Voice Match. Nantinya, kamu akan dibawa ke halaman Access your Assistant with Voice Match. Tekan tombol I AGREE, lalu ucapkan “OK Google” dan “Hey Google” beberapa kali (ikuti petunjuk), sampai kamu berhasil mengajari Asisten Google. Jika sudah Complete semua, tekan tombol FINISH.

OK Google Kirim Pesan Whatsapp - Pengaturan

Selain itu, sebelum menggunakan OK Google untuk mengirim pesan, pastikan juga kamu sudah menyimpan calon penerima ke dalam daftar kontak WhatsApp. Jika belum, kamu bisa menyimpannya seperti menyimpan kontak biasa kok.

Cara Menggunakan “OK Google” Untuk Mengirim Pesan WhatApp

  1. Aktifkan Asisten dengan mengucapkan “OK Google” atau “Hai Google”
  2. Selanjutnya katakan “Kirim pesan WhatsApp ke”, diikuti nama dan isi pesan
  3. Lalu, jika Asisten Google akan bertanya Kirim atau Ubah, ucapkan kata “Kirim” untuk mengirim atau kata “Ubah” untuk mengubah pesan
  4. Atau jika kamu ingin membatalkannya, kamu bisa mengucapkan “Cancel” atau “Batal”

OK Google Kirim Pesan Whatsapp - Cara

Sebagai contoh untuk kamu yang masih bingung, misalnya saya akan mengirim WhatsApp ke Nini dengan isi pesan “ Aku di jalan”, maka saya cukup mengucapkan “OK Google, Kirim pesan WhatsApp ke Nini Aku di jalan”.

Selain dengan mengucapkan OK Google, kamu yang belum mengaktifkan Voice Match, kamu juga bisa mengirim WhatsApp dengan menekan tombol Home, lalu mengucapkan “Kirim pesan WhatsApp ke” diikuti nama dan isi pesan seperti sebelumnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar