Aplikasi Berita

Tingkatkan Kerahasiaan Pengguna, Browser Opera Terbaru Bawa Fitur VPN di Android

Opera Logo

Gadgeren – Opera merupakan salah satu perusahaan asal Norwegia yang terkenal dalam meluncurkan browser Opera yang digunakan di laptop, PC, smartphone, maupun tablet.

Baru-baru ini Opera secara resmi telah meluncurkan browser Opera versi terbarunya untuk Android 51 dengan layanan VPN yang sudah tersedia secara otomatis di dalamnya. Sekilas, browser yang satu ini dapat diunduh oleh pengguna smartphone Android secara gratis dari Google Play Store.

Menurut Opera, browser terbaru ini memberikan layanan VPN gratis yang dapat diaktifkan pengguna tanpa harus login. Bisa dibilang server tidak mencatat dan menyimpan data aktivitas apa pun agar dapat melindungi kerahasiaan data penggunanya.

Dengan kata lain, Opera tidak akan memantau maupun mengambil data dari kebiasaan penggunanya di browser. Hal ini membuat data pengguna browser Opera lebih aman dibandingkan menggunakan layanan VPN lainnya.

Pihak Opera mengatakan bahwa pada saat pengguna browser Opera mengaktifkan VPN di dalamnya maka layanan ini akan membuat koneksi terenkripsi 256-bit antara smartphone penggunanya dengan server VPN jarak jauh.

Selain itu, VPN akan menyembunyikan data lokasi pengguna browser Opera ketika diaktifkan sehingga akan memberikan kesulitan dalam hal pemantauan maupun pelacakan aktivitas di halaman browser.

Fitur VPN sendiri akan berguna bagi pengguna browser Opera yang sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi di tempat umum, seperti bandara, hotel, mall, restoran, dan masih banyak lagi. Menurut Opera, VPN akan mengirimkan permintaan penggunanya melalui jalur yang aman dengan mengenkripsi lalu lintas internet yang masuk dan keluar dari smartphone maupun perangkat mobile lainnya.

Apabila Gadgeter telah menggunakan Opera versi terbaru, maka dapat mengaktifkan fitur VPN pada menu Settings. Pada halaman Settings tersebut, Gadgeter dapat langsung mengaktifkan VPN tanpa harus melakukan login. Bahkan setelah fitur ini aktif, pengguna Opera bisa membuka situs yang diblokir.

Opera VPN

Selain VPN, browser Opera juga memiliki fitur unggulan seperti Data Saving dan Ad Blocking yang bermanfaat. Fitur Data Saving ini memungkinkan penggunanya dapat menghemat pengguna data ketika berselancar di Internet menggunakan browser Opera.

Sementara Ad Blocking berguna untuk memblokir iklan-iklan yang muncul pada situs yang sedang dikunjungi. Terkadang terdapat beberapa situs populer yang memiliki iklan di halaman utamanya sehingga akan mengganggu kenyamanan penggunanya.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mencoba fitur VPN, Ad Blocking, dan Data Saving dari browser Opera ini maka dapat langsung mengunduhnya di Google Play Store.

Tinggalkan Komentar