Berita Game

Keren! Google Rilis Layanan Game Streaming Stadia di GDC 2019

Google Stadia Header

Gadgetren – Setiap tahunnya, Google selalu meluncurkan inovasi terbarunya di dunia yang membuat banyak orang terpukau akan kecanggihannya.

Menariknya, Google baru saja meluncurkan layanan Game Streaming bernama Stadia di acara Game Developer Conference (GDC) 2019 di San Francisco, Amerika Serikat. Layanan Stadia sendiri mengizinkan akses cepat untuk bermain game di beragam perangkat, mulai dari TV, tablet, komputer, laptop, smartphone, dan Chromebook.

Dengan kata lain, layanan Game Streaming ini tidak menggunakan konsol untuk bisa menjalankan game yang akan dimainkan. Sementara itu, terdapat juga controller Stadia berbentuk joystick yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dalam bermain game.

Sekilas, controller Stadia akan terhubung dengan Server Data Center Google melalui jaringan WiFi dan selanjutnya akan mengenali layar perangkat yang digunakan pemainnya untuk bermain game.

Untuk susunan tombol controller Stadia pun hampir mirip dengan Joystick pada umumnya, namun dengan tombol khusus yang memiliki fungsi untuk screen capture gameplay, menyimpan, dan membagikan dengan kualitas hingga 4K.

Tak hanya itu, controller Stadia ini dilengkapi juga dengan tombol Google Assistant dan mikrofon yang sudah tertanam di dalamnya. Dengan hal ini memudahkan penggunanya untuk melakukan perintah suara kepada asisten virtual Google Assistant untuk menunjang kebutuhan bermain game.

Pada saat peluncurannya, Google pun mengatakan bahwa layanan Game Streaming ini mendukung game hingga resolusi 4K 60 fps dengan menggunakan koneksi internet yang memiliki bandwidth 25Mbps.

Bahkan Google pun berencana untuk memberikan dukungan hingga resolusi 8K 120 fps di masa mendatang. Selanjutnya, Google pun mengajak AMD bermitra dalam mengembangkan GPU khusus untuk Data Center atau pusat data game ini.

Tak tanggung-tanggung, chip tersebut diklaim mampu menghasilkan daya 10,7 Teraflops yang mampu mengalahkan chip milik PS4 dan XBox One. Tentu saja hal ini akan memberikan kenyamanan bagi pemainnya dalam bermain game yang berat sekalipun.

Doom Eternal menjadi salah satu game pertama yang hadir di layanan Stadia dengan dukungan resolusi 4K 60 fps dan HDR. Bahkan Google sendiri telah membuat studio game untuk menghadirkan game ekslusif bagi layanan Stadia, yakni Stadia Games and Entertainment.

Untuk menghadirkan ekosistem dan jumlah game yang lebih banyak ke layanan Stadia, Google pun telah memberikan perangkat pengembangan untuk Stadia ke lebih dari 100 studio game. Meskipun belum diketahui waktu peluncurannya secara pasti, namun Stadia ini akan hadir pada akhir 2019 di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan beberapa negara kawasa Eropa.

[Sumber : 9to5google]

Tinggalkan Komentar