Berita

Keren! Qualcomm Update Dukungan Kamera 192 MP Pada Chipset Snapdragon

Qualcomm Snapdragon 845 Header

Gadgetren – Pada tahun 2019 ini berbagai perusahaan telah meluncurkan smartphone dengan kamera yang memiliki resolusi besar, bahkan hingga 48MP.

Mengikuti tren kamera beresolusi besar inilah, membuat Qualcomm memutuskan memberikan update dukungannya terhadap Image Signal Processor (ISP) pada beberapa chipset yang telah dikembangkannya.

Hal ini pun terungkap dari anggota forum XDA Developers yang membocorkan mengenai update resmi di situs Qualcomm mengenai peningkatan kemampuan kamera pada beberapa chipset Snapdragon.

Tak tanggung-tanggung, Qualcomm pun memberikan dukungan kamera hingga beresolusi 192 MP. Namun untuk benar-benar mampu menghasilkan gambar bagus dengan kualitas 192 MP ini, setiap smartphone harus memiliki paramater yang dibutuhkan.

Terdapat dua parameter utama yang wajib dipenuhi, seperti tidak melakukan penggabung Zero Shutter Lag dan tidak memakai MFNR (Multi-Frame Noise Reduction). Sekilas, MFNR ini memungkinkan kamera smartphone dapat mengambil beberapa foto sekaligus dan menumpukannya untuk memberikan hasil terbaik.

Dengan tidak menggunakan kedua fitur tersebut, maka secara teoritis kamera smartphone dapat mengambil foto hingga resolusi 192 MP. Secara sederhananya, hasil foto akan bagus apabila hambatan pemrosesan gambarnya semakin sedikit. Meskipun belum diketahui, apakah hasil fotonya akan benar-benar bagus ketika mencapai resolusi 192 MP.

Sementara itu, Qualcomm sendiri sudah memberikan update resminya mengenai beberapa chipset yang telah memiliki dukungan kamera 192 MP yang terdiri dari Snapdragon 670, Snapdragon 675, Snapdragon 710, Snapdragon 845, dan Snapdragon 855.

Kita ketahui bersama memang kelima chipset Snapdragon ini memiliki fitur, spesifikasi, dan performa yang menarik. Bahkan kelimanya pun telah populer digunakan oleh berbagai smartphone di dunia.

Meskipun tidak mencapai 192 MP, namun Qualcomm sendiri telah memberikan update di situs resminya terkait peningkatan dukungan kamera dari Snapdragon 660 yang mencapai resolusi 48 MP. Namun dengan catatan bahwa itu merupakan kamera tunggal tanpa memiliki fitur Multi-Frame Noise Reduction dan Zero Shutter Lag.

Untuk pastinya mengenai dukungan kamera 192 MP ini kita harus menunggu informasi dari Qualcomm ke depan. Selain itu, sensor kamera smartphone pun harus mengalami peningkatan untuk mendukung resolusi tersebut. Menurut Gadgeter, vendor manakah yang akan menghadirkan smartphone dengan kamera 192 MP pertama di dunia?

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar