Gadget Smartphone

5 Kelebihan dan 2 Kekurangan Samsung Galaxy A30 yang Perlu Kamu Perhatikan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30 Header

Gadgetren – Bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy A50, Samsung juga meluncurkan Samsung Galaxy A30, yang mempunyai spesifikasi yang tidak kalah menarik, untuk menyasar level di bawahnya.

Samsung Galaxy A30 bisa dikatakan sebagai versi yang lebih murah dari Samsung Galaxy A50. Jika dilihat sekilas, apalagi di bagian layarnya, Samsung Galaxy A30 sangat mirip dengan tampilan layar saudaranya tersebut.

Keluar dari ciri khasnya, kedua perangkat teranyar Samsung tersebut memiliki desain yang disebut dengan Infinity-U Display, yang sebenarnya tidak ada bedanya dengan layar berponi watterdrop atau dewdrop yang diusung oleh merek lain.

Kelebihan Samsung Galaxy A30

Layar Super AMOLED

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30 Layar

Hampir sama dengan Samsung Galaxy A50, perangkat teranyar Samsung ini juga dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang sudah mendukung resolusi hingga Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Dengan layar Super AMOLED ini, perangkat tersebut dapat menghasilkan kecerahan (brightness) tinggi tetapi bisa lebih hemat daya. Selain itu, layar jenis ini bisa menghasilkan warna hitam yang benar-benar hitam.

Kinerja Mumpuni

Perangkat Samsung Galaxy A30 menggunakan chipset Exynos 7904 di dalamnya. Chipset ini dirancang untuk memberikan kemampuan multimedia kelas atas di ponsel kelas menengah, dengan kinerja yang gesit dan multitasking yang lancar.

Namun terlepas dari chipset yang ditawarkannya tersebut, perangkat Samsung ini memiliki dukungan RAM dan memori internal yang cukup besar. Samsung menawarkan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diperluas menggunakan eksternal hingga 512 GB.

Kamera Utama Ganda di Atas Rata-rata

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30 Kamera

Samsung Galaxy A30 seolah juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi penggunanya. Perangkat ini telah dilengkapi dengan kamera ganda dengan kombinasi 16 MP lensa utama dan 5 MP lensa Ultra wide.

Sama seperti saudaranya, Samsung Galaxy A50, perangkat ini pun bisa digunakan untuk mengambil video dengan sudut pandang yang lebih lebar, yang diklaim Samsung bisa mencapai 123 derajat.

Sementara itu, kamera depan dari Samsung Galaxy A30 ini juga tak kalah dengan rata-rata kebanyakan ponsel di kelas menengah. Hal ini karena perangkat ini secara teknis telah dilengkapi dengan kamera depan dengan resolusi 16 MP.

USB Type-C

Meskipun disasarkan untuk perangkat menengah, perangkat-perangkat teranyar Samsung biasanya telah dilengkapi dengan USB Type-C. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A30 pun juga demikian.

Dengan menggunakan USB Type-C, perangkat dapat melakukan transfer data atau melakukan pengisian daya dengan lebih cepat. Selain itu pun, saat menggunakannya, pengguna juga tidak perlu takut terbalik.

Baterai Besar Dengan Fast Charging

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30 Baterai

Di segi baterai, perangkat Samsung Galaxy A30 juga menawarkan apa yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A50. Perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang didukung pengisian cepat berdaya 5 Watt.

Kekurangan Samsung Galaxy A30

Fingerprint Belum On-Screen (Ultrasonik)

Berbeda dengan Samsung Galaxy A50, perangkat ini masih menggunakan sensor kapasitif yang diletakkan di bagian casing belakangnya. Dan kekurangan dari sensor ini salah satunya adalah sangat susah digunakan saat jari sedikit kotor atau terkena minyak.

Layar Belum HDR10+

HDR10+ merupakan teknologi baru yang bisa membuat layar dari perangkat seluler menampilkan gambar dengan lebih detail dan lebih kaya akan warna. Sayangnya, layar ini masih tersedia hanya untuk perangkat flagship dari Samsung.

Tinggalkan Komentar