Tips dan Trik

Cara Update iOS Buat Kamu yang Tidak Bisa Terhubung Jaringan Wi-Fi

Cara Update iOS Tanpa Wifi Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Memperbarui versi iOS bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu masuk ke bagian Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak melalui perangkat Apple yang akan di-update.

Hanya saja, metode ini berlaku bagi pengguna dengan perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Bagi pengguna yang tidak bisa menghubungkan perangkatnya dengan jaringan Wi-Fi, perlu sedikit upaya dalam melakukannya. Tentu saja tetap membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh data.

Agar bisa melakukan update versi iOS tanpa Wi-Fi, pengguna membutuhkan sebuah perangkat komputer yang sudah terinstal aplikasi iTunes terbaru di dalamnya. Bagi yang belum memiliki versi terbarunya, bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Microsoft Store (Windows 10) atau App Store ( Mac OS).

Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa perangkat komputernya tersebut terhubung dengan jaringan internet, baik lewat kabel ethernet maupun modem, untuk melakukan proses pengunduhan data update.

Cara Update iOS Tanpa iPhone Harus Terhubung Wi-Fi

  1. Sambungkan perangkat iOS ke perangkat komputer
  2. Buka aplikasi iTunes, lalu pilih perangkat yang akan di-update
  3. Masuk ke bagian Ringkasan
  4. Kemudian tekan tombol Periksa Pembaruan
  5. Jika terdapat update baru, klik tombol Unduh, lalu klik tombol Perbarui
  6. Jika diminta untuk memasukkan kata sandi, masukkan kata sandi yang sesuai

Apabila saat menggunakan cara ini mengalami suatu kendala, pengguna dapat melakukan beberapa hal, seperti memperbarui sistem operasi yang digunakan, menghubungkan perangkat secara langsung tanpa hub, dan memuat ulang (restart) keduanya.

Namun, jika secara spesifik kesalahan update terjadi karena memori internal penuh, maka pengguna dapat menghapus beberapa konten atau aplikasi dulu secara manual, sebelum melakukan update.

Sebagai tambahan informasi, saat ini, iOS terbaru berjalan di versi 12.1.4. Melalui update terbarunya, sistem buatan Apple ini memiliki beberapa peningkatan, terutama dalam hal keamanan dan privasi.

Secara lebih spesifik, pada pembaruan sebelumnya, aplikasi panggilan video FaceTime yang menjadi andalan sistem ini memiliki sebuah bug yang cukup membahayakan. Bug tersebut bisa digunakan untuk mendengarkan suara orang yang kita telepon meskipun orang tersebut belum mengangkatnya.

Oleh sebab itu, berkaca dari kasus ini, ada baiknya pengguna perangkat iOS semakin rajin mengecek dan melakukan update ke versi baru. Atau, bagi yang ingin update secara otomatis (khusus iOS 12), bisa masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis.

Tinggalkan Komentar