Tips dan Trik

Cara Mengisi dan Redeem Voucher Telkomsel dengan Memasukan Kode Tertera

Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - Header

Gadgetren – Kita dapat memilih berbagai macam cara untuk mengisi kuota internet, termasuk melalui redeem paket berbentuk voucher fisik yang hingga sekarang masih disediakan oleh Telkomsel.

Perusahaan telekomunikasi seluler berpelat merah tersebut bahkan sampai dengan saat ini masih kerap meluncurkan beberapa paket khusus dalam sistem voucher fisik di mana yang paling baru tersedia mulai dari 1,5GB seharga Rp8.000.

Voucher berbentuk fisik tentu dapat menjadi pilihan pas jika kita membutuhkan proses pengisian dengan dukungan privasi yang lebih aman. Kita soalnya tidak perlu mengungkapkan nomor pribadi ke pihak lain sama sekali.

Sama seperti pembelian paket internet melalui aplikasi MyTelkomsel atau layanan ecommerce, pengisian ulang bisa dilakukan secara mandiri lewat beberapa cara redeem voucher fisik Telkomsel yang cukup mudah.

Termasuk salah satunya melalui UMB (USSD Menu Browser). Kamu yang belum tahu cara melakukan pengisian dan redeem voucher fisik Telkomsel bisa menyimaknya secara lebih lanjut dalam penjelasan berikut.

Cara Isi dan Redeem Voucher Fisik Telkomsel

  1. Gosok bagian khusus di voucher fisik sampai kode HRN terlihat
  2. Buka dialpad (menu panggilan) di handphone
  3. Ketikan kode *133#
    Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - 1
  4. Tekan tombol Panggil
  5. Masukkan kode HRN di kolom yang tersedia
    Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - 2
  6. Ketuk tombol Kirim

Bagi yang belum tahu, HRN (Hidden Recharge Number) merupakan 17 deret angka unik yang bisa ditemukan di bagian bawah hologram voucher fisik Telkomsel. Kita secara umum sering kali menyebutnya sebagai kode voucher.

Kode HRN akan dipakai untuk melakukan verifikasi jenis paket yang dibeli. Biasanya juga akan diintegrasikan dengan lokasi pembelian karena voucher berlaku secara berbeda-beda untuk setiap wilayah.

Kita secara khusus biasanya bisa mengecek pembatasan zona lokasi redeem pada bagian depan kiri atas atau belakang voucher. Pastikan untuk menggunakan kode HRN di wilayah yang sesuai supaya berhasil.

Selain melihat lokasi distribusinya, kita pun kadang kala perlu mengecek masa berlaku voucher itu sendiri. Kita dalam hal ini juga bisa melakukannya melalui UMB khusus sebagai mana dalam ulasan berikut.

Cara Cek Masa Berlaku Voucher

  1. Cari Nomor seri di bagian belakang voucher
  2. Buka Dialpad
  3. Masukkan kode *132#
    Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - 3
  4. Tekan Panggil
  5. Pilih Voucher fisik dengan mengetikan angka yang sesuai
    Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - 4
  6. Klik tombol Kirim
  7. Ketik Nomor seri voucher di kolom yang tersedia
    Cara Isi dan Redeem Voucher Telkomsel - 5
  8. Tekan tombol Kirim

Masa berlaku voucher ini berbeda dengan masa aktif paket di dalamnya karena hanya menunjukkan sampai kapan kode HRN di dalamnya bisa ditukarkan atau digunakan untuk melakukan pengisian kuota internet. Biasanya 60 hari setelah diisi.

Sementara masa aktif paket akan berlaku setelah voucher berhasil diaktifkan. Selang waktunya pun berbeda-beda tergantung produk yang dibeli di mana umumnya mulai dari 3 hari, 5 hari, 7 hari, hingga 30 hari.

Untuk mengecek masa berlaku voucher, kita membutuhkan nomor seri (biasa disebut juga dengan Serial Serial Number). Ini berbeda dari kode HRN karena biasanya bisa ditemukan langsung di bagian belakang tanpa perlu membuka hologram atau pelindung apapun.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

4 Komentar