Berita Smartphone

Nokia 5.1 Plus Dijual Secara Umum di Indonesia, Andalkan MediaTek Helio P60

Nokia 51 Header

Gadgetren – Meskipun penjualan sudah dilakukan tahun lalu di Indonesia secara ekslusif melalui Blibli, namun pihak HMD Global kembali membahas mengenai fitur-fitur yang hadir pada Nokia 5.1 Plus di hadapan rekan media.

Hampir mirip dengan Nokia 6.1 Plus, smartphone yang satu ini memiliki desain layar penuh dengan poni atau notch mirip iPhone X di bagian atasnya. Sementara layarnya sendiri memiliki lebar 5,8 inci dengan resolusi HD+ dan teknologi IPS.

Beralih ke urusan fotografi, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan dua kamera belakang dengan kombinasi kamera primer 13 MP (aperture f/2.0) + kamera sekunder 5 MP (depth sense) dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan.

Nokia 51 Plus HP edit

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8 MP (aperture f/2.2) dengan sudut hingga 80,4 derajat yang memungkinkan penggunanya dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan area yang luas.

Seperti smartphone Android Nokia lainnya, Nokia 5.1 Plus ini juga telah dilengkapi dengan fitur Bothie (Dual Sight) yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto maupun merekam video dengan kamera depan dan belakang sekaligus.

Dapur pacunya dipercayakan pada chipset MediaTek Helio P60 Octa-core 1,8 GHz yang memiliki performa di atas Qualcomm Snapdragon 636. Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, pihak HMD Global pun telah menyematkan RAM 3 GB berteknologi LPDDR3 dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 400 GB.

Pihak HMD Global pun mengatakan bahwa Nokia 5.1 Plus ini mampu menjalankan game, aplikasi, video, maupun musik dengan lancar untuk aktivitas normal berkat kombinasi hardware yang telah hadir di dalamnya.

Dalam hal keamanan, smartphone ini pun telah dibekali dengan sensor fingerprint yang mengizinkan penggunanya untuk membuka kunci hanya menggunakan sidik jari. Namun apabila sensor ini dirasa membosankan maka penggunanya dapat menggunakan fitur Face Unlock yang dapat membuka kunci dengan wajah saja.

Dengan baterai berkapasitas 3.060 mAh, pihak HMD Global mengklaim bahwa daya tahannya bisa mencapai 11 jam untuk menonton video, 15 jam untuk memutar musik, 18 jam untuk telepon, atau 20,5 hari dalam kondisi standby.

Tak hanya itu, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, dan sensor Gyroscope telah hadir di dalamnya. Walaupun sistem operasinya masih Android 8.1 Oreo, namun penggunanya akan langsung mendapatkan update sistem operasi Android 9 Pie pada saat Nokia 5.1 Plus dinyalakan pertama kali.

Update sistem operasi Nokia 5.1 Plus ini bisa cepat karena tergabung dalam keluarga Android One yang bekerja sama dengan Google. Dalam hal ini Google menjanjikan update sistem operasi Android terdepan dan tercepat dibandingkan smartphone di luar proyek Android One, Android Go, maupun buatan Google.

Apabila Nokia 5.1 Plus sudah dijual secara ekslusif di Blibli pada tahun 2018 silam, namun kali ini produk tersebut dijual secara umum melalui toko online maupun offline yang tergabung dalam jaringan mitra penjualan HMD Global di Indonesia dengan harga yang mencapai Rp 2.599.000. Smartphone ini juga memiliki 3 pilihan warna yang terdiri dari Gloss Black, Gloss White, dan Gloss Midnight.

Tinggalkan Komentar