Smartphone Sponsored Content

Apakah Kamera Smartphone Masa Kini dapat Menjadi Alternatif Kamera Digital?

Xiaomi Mi A2

Jika kamu ingin membeli sebuah smartphone, apa sih faktor penentu untuk memilih smartphone mana yang layak dibeli? Di antara beberapa faktor penentu, salah satunya pasti adalah kemampuan kamera di smartphone tersebut.

Faktor kamera memiliki peranan penting dalam keputusan membeli smartphone karena kebanyakan orang ingin mengabadikan momen-momen dalam hidup mereka mulai dari foto ngumpul dengan teman-teman, foto bersama pasangan, hingga momen langka seperti kelahiran anak.

Kamu tentu ingin momen yang diabadikan oleh kamera kamu tertangkap dengan jelas bukan?

Dulu hal ini dapat dicapai dengan menggunakan kamera digital. Namun kamera digital umumnya memiliki fungsi yang terbatas sehingga merepotkan jika ingin langsung memproses dan mengunggah foto yang dihasilkan.

Untungnya seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, komponen kamera di smartphone telah berevolusi baik itu dari sisi fitur, ukuran, maupun kemampuannya. Berbagai vendor smartphone pun turut menghadirkan inovasi kamera di smartphone-nya termasuk di antaranya adalah Xiaomi.

Di tahun 2018 lalu, Xiaomi memperkenalkan smartphone Android One generasi kedua mereka di Indonesia yaitu Mi A2 dengan tagline Picture Perfect 20MP Cameras yang mana menonjolkan kemampuan kamera dari smartphone ini.

Xiaomi sendiri sebelumnya sudah dikenal sebagai vendor smartphone yang mampu menghadirkan smartphone dengan kamera yang didukung dengan teknologi AI dan kemampuan bokeh yang mumpuni.

Xiaomi Mi A2 Camera

Smartphone Mi A2 dari Xiaomi ini menyajikan kamera belakang ganda dengan kombinasi kamera 12 MP Sony IMX486 (1.25µm, f/1.75) dan kamera 20 MP Sony IMX376 (2µm, f/1.75).

Kamera depannya pun tidak ketinggalan menggunakan kamera Sony IMX376 20MP (2µm, f/2.2) dengan fitur 4000K selfie-light, 2µm Super Pixel, low-light enhancement, AI portrait selfie, semantic segmentation, dan front HDR.

Melihat spesifikasi kamera yang wah dari Mi A2 ini membuatnya dapat bersaing dengan kamera-kamera digital yang ada di pasaran saat ini. Dengan ini kamu tidak perlu repot repot membawa kamera digital untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Lalu bagaimanakah hasil tangkapan kameranya ketika digunakan? Berikut adalah beberapa contoh foto yang dihasilkan oleh kamera Mi A2 (klik pada masing-masing foto untuk melihat resolusi aslinya):

Xiaomi Mi A2 - Normal IndoorKamera belakang di dalam ruangan dengan efek normal
Meskipun berada di dalam ruangan, kamera Xiaomi Mi A2 mampu menghasilkan foto dengan warna yang mendekati kondisi asli dan jelas.

Xiaomi Mi A2 - Normal Outdoor
Kamera belakang di luar ruangan dengan efek normal
Di luar ruangan terlihat bahwa kamera Mi A2 ini mampu menangkap obyek maupun background dengan tajam, terang, dan warnanya pun mendekati keadaan lingkungan sebenarnya saat foto diambil.

Xiaomi Mi A2 - Portrait Indoor
Kamera belakang di dalam ruangan dengan efek potrait
Kamera Xiaomi Mi A2 yang menggunakan mode portrait mampu mengambil obyek dengan jelas dan pemisahan background blur (bokeh) yang rapi.

Xiaomi Mi A2 - Portrait Outdoor
Kamera belakang di luar ruangan dengan efek potrait
Dibandingkan pengambilan dalam ruangan, pengambilan foto mode portrait pada kondisi luar ruangan ini lebih bagus karena cahaya yang melimpah. Pemisahan antara obyek dan background terlihat sangat jelas.

Xiaomi Mi A2 - Normal Cukup Cahaya
Kamera belakang dengan kondisi cahaya yang cukup
Pada kondisi cahaya yang cukup, kamera belakang Mi A2 ini mampu menghasilkan foto patung Garuda di GWK Cultural Park Bali dengan detail yang jelas dan tajam.

Xiaomi Mi A2 - Normal Minim Cahay
Kamera belakang dengan kondisi sedikit cahaya
Sementara pada kondisi minim cahaya, ternyata kamera Mi A2 ini masih mampu menangkap gambar dengan menarik. Bahkan warna yang tampil pada obyek foto pun masih dapat diambil dengan baik.

Xiaomi Mi A2 - Selfie Normal Cukup Cahaya
Kamera depan dengan kondisi cahaya yang cukup
Kamera depan Mi A2 ini dapat mengambil obyek foto dengan jelas. Dalam kondisi terik pun, kamera depannya dapat membuat obyek tetap terang lengkap dengan background yang masih terlihat dengan baik.

Xiaomi Mi A2 - Selfie Normal Minim Cahaya
Kamera depan dengan kondisi sedikit cahaya
Sementara pada kondisi minim cahaya, kamera depan dari Mi A2 pun masih mampu menangkap wajah dari obyek dengan jelas dan terang. Meskipun background yang dihasilkan tidak sejelas obyek foto.

Selain kemampuan kamera depan dan belakangnya yang baik, Xiaomi Mi A2 memiliki spesifikasi hardware yang tidak dapat diremehkan. Ini terlihat dari penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang bertenaga dan hemat konsumsi daya baterainya.

Berbagai aplikasi jejaring sosial dan editor foto dapat digunakan dengan lancar jadi kamu dapat langsung mengedit dan memamerkan foto kamu di internet dengan mudah.

Lalu apakah Xiaomi Mi A2 cocok untuk menggantikan kamera digital?

Jika kamu mencari sebuah smartphone yang dapat menggantikan kamera digital, Xiaomi Mi A2 adalah pilihan yang menarik.

Berbeda dengan kamera digital biasa, sebuah smartphone seperti Mi A2 dapat melakukan lebih banyak hal dengan mudah di luar fotografi seperti mengunggah foto ke Instagram dan kualitas hasil fotonya pun tidak kalah bagus.

Saat ini Xiaomi Mi A2 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dapat dibeli secara eksklusif di Shopee, JD.id, Akulaku, Mi.com, dan Authorized Mi Store.

Tinggalkan Komentar