Berita Smartphone

Meizu Zero – Smartphone Pertama Tanpa Tombol Fisik dan Lubang Port USB di Dunia

Meizu Zero Header

Gadgetren – Sebagai perusahaan asal Tiongkok yang menjadi rival Xiaomi, Meizu selalu melakukan inovasi menarik dari smartphone yang dikembangkannya. Hal ini pun terlihat dengan pengumuman produk unik terbarunya yang bernama Meizu Zero.

Meizu Zero ini menjadi smartphone pertama di dunia yang tidak memiliki tombol navigasi fisik, lubang speaker, hingga port USB sama sekali. Smartphone ini menggantikan tombol fisik dengan panel sentuh kapasitif di bagian sampingnya sehingga memiliki fungsi yang sama sebagai tombol pengganti volume dan power.

Untuk ketidakhadiran lubang speaker ini, Meizu pun menggantinya dengan sensor Piezoelektrik di bawah layar mirip smartphone Aquos Crystal buatan Sharp dan Mi Mix buatan Xiaomi yang memukau banyak orang beberapa tahun lalu.

Meizu Zero Front

Kita ketahui bersama bahwa port USB ini sangat berguna untuk transfer data dan pengisian daya baterai. Untuk mengatasi ketidakhadirannya, Meizu pun menghadirkan fitur Wireless Charging 18W untuk membuat Meizu Zero dapat melakukan pengisian daya baterai dengan cepat.

Sementara transfer datanya diatasi dengan menggunakan jaringan Wi-Fi maupun selular. Selanjutnya, penggunanya pun dapat menggunakan Earphone maupun Headphone dengan koneksi Bluetooth apabila ingin mendengarkan musik dari smartphone karena absennya port jack audio.

Mengejutkannya lagi, slot kartu SIM pun tidak hadir pada Meizu Zero ini karena telah digantikan eSIM yang telah tertanam di dalamnya. Bisa dibilang beberapa smartphone sudah menggunakan eSIM, seperti iPhone XS dan Google Pixel 3 terbaru walaupun tidak sepenuh Meizu Zero dalam penggunaannya.

Untuk layarnya sendiri akan mempunyai lebar 5,99 inci dengan teknologi AMOLED dan memenuhi bagian depannya tanpa hadir poni sama sekali. Bahkan sensor fingerprint pun akan disematkan tepat di bawah layarnya yang mengikuti tren saat ini.

Sebagai smartphone unik, Meizu pun tak tanggung-tanggung dengan mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core sebagai dapur pacunya. Namun untuk informasi mengenai kapasitas RAM, penyimpanan internal, dan baterai belum diungkapkan sama sekali.

Meskipun tidak hadir dengan poni, namun Meizu Zero ini memiliki bezel di bagian atas yang kecil untuk menyematkan kamera depan 20 MP sehingga dapat mengakomodasi foto selfie atau video call dengan bagus.

Beralih ke bagian belakang, terdapat dua kamera utama dengan kombinasi kamera primer 12 MP bersensor Sony IMX380 + kamera sekunder 20 MP bersensor Sony IMX350, LED Flash, dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat menghasilkan foto dengan bagus.

Meizu Zero juga memiliki sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap air dan debu hingga kedalaman 2 meter dalam waktu 30 menit. Bisa dibilang smartphone buatan Meizu ini sangat inovatif, namun belum diketahui waktu peluncuran dan harga resminya.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar