Laptop

Yakin Sama? Ini Lho Perbedaan Laptop dan Notebook!

Perbedaan Laptop dan Notebook Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Batasan antara Laptop dan notebook kini semakin kikis, karena teknologi saat ini bisa menciptakan berbagai perangkat dengan lebih kecil, lebih tipis, lebih ringan, dan lebih bertenaga.

Bagi kebanyakan pengguna, Laptop dan notebook mungkin dua perangkat yang tidak ada bedanya. Bahkan, Wikipedia pun menyebutkan bahwa kedua istilah tersebut adalah istilah yang sama untuk menyebut personal computer (PC) portable.

Namun anggapan tersebut cukuplah berbeda dengan masa lalu. Pasalnya, secara teknis, laptop dan notebook memiliki spesifikasi teknis, dari mulai berat, ukuran, hingga kelengkapan, yang cukup berbeda di masa lalu.

Apa Itu Laptop?

Berasal dari kata “lap” yang mengacu pada pangkuan, Laptop adalah perangkat komputer portable berukuran kecil yang cukup dapat digunakan dengan cara dipangku. Biasanya, Laptop memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dibandingkan dengan notebook.

Apa Itu Notebook?

Sementara notebook merupakan perangkat komputer yang sangat ringan. Biasanya perangkat komputer yang memiliki ukuran kurang dari enam pound atau sekitar 2,8 Kg dan memiliki ukuran kecil yang bisa masuk ke dalam koper yang masuk ke jenis notebook.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Sebenarnya, laptop dirancang tanpa meninggalkan berbagai macam aspek yang dimiliki oleh perangkat komputer. Dengan alasan ini, kita akan menjumpai perangkat laptop memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih banyak tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan notebook di masa lalu.

Sementara itu, berkebalikan dengan laptop, notebook membawa rancangan yang lebih dari sekedar portable saja, melainkan dirancang agar memiliki mobilitas yang tinggi.

Untuk itu, dulu notebook dirancang dengan ukuran yang lebih ringan dan ringkas, sehingga harus meninggalkan banyak kelengkapan atau fitur yang ada, seperti layar yang lebih kecil, komponen yang tidak bisa di-upgrade, atau tidak dilengkapi dengan CD/DVD Room.

Namun di era sekarang ini, dengan teknologi yang bisa membuat perangkat yang lebih kecil dan lebih bertenaga, batasan laptop dan notebook sudah tidak bisa dilihat. Perangkat laptop pun kini bisa dirancang dengan bentuk dan ukuran yang semakin kecil dan ringan.

Dan penamaan laptop atau notebook ini sekarang bergantung pada manufakturnya, apakah manufaktur tersebut mendaftar sebagai notebook, laptop, atau bahkan sebagai tablet.

Tinggalkan Komentar