Berita

D-Link DCH-S161 Hadir Sebagai Sensor Air dengan Dukungan Google Assistant

D-Link DCH-S161 Header

Gadgetren – D-Link sebagai salah satu produsen perangkat smart home telah meluncurkan DCH-S161 yang digadang sebagai sensor air pertama di dunia yang bekerja dengan Google Assistant. 

D-Link DCH-S161 Wi-Fi Water Sensor merupakan sebuah perangkat yang dapat mendeteksi kebocoran air yang terjadi di rumah atau tempat lain yang perlu dipatantau. Sensor ini akan memberikan notifikasi ke smartphone kamu saat mendeteksi ada genangan air di tempat yang telah diwaspadai. 

Sama seperti perangkat smart home lainnya, DCH-S161 dapat diakses dan diatur menggunakan aplikasi mydlink yang bisa diunduh pada smartphone sehingga dapat terus dipantau kapan saja dan di mana saja. Tentu saja perangkat ini juga harus terhubung ke router untuk bisa digunakan karena membutuhkan akses internet. 

Nantinya jika terdeteksi kebocoran air, alarm dan lampu LED akan menyala serta mengirimkan notifikasi melalui aplikasi mydlink ke smartphone pengguna agar bisa langsung bertindak sebelum kebocoran atau banjir menjadi lebih parah. 

Satu hal yang menarik merupakan dukungan fitur Google Assistant saat telah terhubung ke akun mydlink. Pengguna tinggal menggunakan perintah “Hai Google, apakah (nama sensor) mendeteksi kebocoran air?” untuk bisa mendapatkan informasi terbaru. Sayangnya fitur ini baru bisa digunakan dalam bahasa inggris saja. 

Perangkat ini dapat ditempatkan dengan mudah baik itu di permukaan datar seperti dinding maupun lantai. DCH-S161 juga menggunakan tenaga 2 baterai AA yang digadang mampu bertahan hingga 2 tahun serta dilengkapi dengan kabel sepanjang 180 cm untuk menjangkau area yang ingin dipantau. 

Alat ini akan sangat menolong saat digunakan pada area yang seharusnya tidak boleh ada air atau melebihi batas wajar seperti pemanas air mandi atau wastafel. Apalagi di Indonesia sendiri masih sering dilanda banjir di wilayah pemukiman warga sehingga alat ini masih bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi. 

Buat kamu yang menginginkannya, D-Link DCH-S161 Wi-Fi Water Sensor ini sudah tersedia untuk dibeli di Indonesia dari pemasok maupun distributor resmi D-Link. Tidak ada salahnya untuk membuat rumah kamu lebih pintar lagi jika sudah memiliki beberapa perangkat smart home dari D-Link lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya. 

Tinggalkan Komentar