Smartphone

Kesan Awal Menggunakan Huawei Y7 Pro (2019): Baterainya Tahan Lama

Setelah meluncurkan smartphone Mate 20 Pro dan Mate 20 di Indonesia, kini Huawei sedang bersiap untuk meluncurkan smartphone dengan harga terjangkau terbarunya yang bernama Huawei Y7 Pro (2019).

Selain akan memiliki harga yang terjangkau, Huawei Y7 Pro (2019) ini mengandalkan kamera dan baterai berkapasitas besarnya. Smartphone ini pun memiliki spesifikasi hardware dan performa yang menarik di kelasnya.

Saya sendiri sempat mencoba smartphone ini selama beberapa hari dan kesan awal selama penggunaan saya adalah Huawei Y7 Pro (2019) cukup tangguh dan baterainya pun cukup tahan lama.

Desain

Hampir mirip dengan Mate 20 Pro, smartphone yang satu ini memiliki layar penuh dengan poni atau notch berbentuk dewdrop pada bagian atasnya yang digunakan untuk menyematkan kamera depan. Namun apabila tidak menyukai poni tersebut, poninya dapat disembunyikan dengan mengaktifkan fitur Hide Notch pada menu Settings.

Layarnya menggunakan teknologi IPS sehingga memungkinkan saya masih dapat melihat gambar, video, maupun game dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Meskipun lebar layarnya mencapai 6,26 inci, namun saya merasa bahwa ukurannya seperti layar 5,76 pada smartphone dengan aspek rasio 16:9. Hal ini bisa terjadi karena Huawei Y7 Pro (2019) memiliki layar penuh dengan aspek rasio 19:9.

Beralih ke bagian belakangnya, terdapat dua kamera belakang, LED Flash, tulisan AI Camera, dan tulisan Huawei yang disusun secara vertikal pada bagian kirinya yang menggunakan bahasa desain smartphone Huawei masa kini.

Bingkai dan bodi pada Huawei Y7 Pro (2019) menggunakan bahan polikarbonat. Bekas sidik jari mudah menempel dan smartphone-nya menjadi agak licin jika aktif digunakan.

Untuk itu, sebaiknya pengguna smartphone ini langsung menggunakan jelly case tambahan yang sudah dihadirkan pada paket penjualannya. Sebagai catatan, saya menggunakan Huawei Y7 Pro (2019) dengan varian warna Midnight Black.

Setelah saya lihat dari berbagai sisi, ternyata sensor fingerprint sama sekali tidak hadir pada Huawei Y7 Pro (2019). Hal ini wajar mengingat smartphone ini kabarnya akan dijual dengan harga terjangkau sehingga hilangnya sensor fingerprint akan menekan harga. Sebagai alternatifnya, Huawei telah menghadirkan fitur Face Unlock di dalamnya.

Kamera

Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2019, Huawei Y7 Pro (2019) ini sejalan dengan tren saat ini yaitu menggunakan dua kamera belakang dengan kombinasi kamera primer 13 MP dengan apertur f/1.8 dan kamera sekunder 2 MP. Tidak lupa juga terdapat LED Flash untuk membantu memoto di area gelap.

Berkat kombinasi dua kamera belakang ini, Huawei Y7 Pro (2019) dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan dan rapi. Bahkan pada saat mengaktifkan fitur Aperture, saya dapat menentukan tingkat blur (apertur) pada saat sebelum maupun sesudah foto diambil.

Seperti smartphone Huawei masa kini, kamera belakangnya pun dibekali dengan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan pada mode Photo yang hadir di aplikasi kamera bawaannya.

Apabila AI diaktifkan maka smartphone ini akan memberikan saran mode scene atau suasana yang pas digunakan sesuai dengan obyek dan pemandangan yang sedang dibidik. Beberapa mode scene yang tersedia adalah Cat, Dog, Night, Greeny, Flower, Sky, dan lainnya.

Kamera depan Huawei Y7 Pro (2019) memiliki resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto selfie menarik dengan hadirnya fitur AR Lens sehingga dapat menambahkan beraneka ragam stiker pada wajah.

Sayangnya kamera depan ini tidak bisa menghasilkan foto selfie dengan efek bokeh. Namun hal ini dapat terobati berkat hadirnya fitur untuk mengganti background foto selfie dengan beragam ornamen yang kekinian.

Hasil Foto Huawei Y7 Pro (2019) – Klik untuk perbesar

Landscape siangOutdoor Siang Hari

Bunga BokehBokeh dengan Aperture Mode

warnaWarna dengan AI Mode

madam boboDetail dengan AI Mode

komplek malamOutdoor Malam Hari

Performa

Huawei Y7 Pro (2019) dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core, GPU Adreno 506, RAM 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 512 GB.

Dalam beberapa hari ini, saya sudah memainkan beberapa game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan PUBG Mobile. Mobile Legends masih bisa dijalankan dengan grafis yang tinggi, sementara Arena of Valor masih mampu dijalankan dengan grafis tinggi dan resolusi HD. Untuk PUBG Mobile dapat dijalankan dengan lancar pada setelan grafis Balanced dan frame rate Medium.

Untuk meningkatkan performa dan kenyamanan ketika bermain game, Huawei menyediakan Game Suite yang menyajikan beberapa fitur salah satunya adalah fitur Game Acceleration. Fitur Game Acceleration ini dapat meningkatkan performa dari Huawei Y7 Pro (2019) namun berimbas pada konsumsi daya baterainya yang menjadi lebih boros.

Selain itu juga terdapat fitur Don’t Disturb Mode pada Game Suite-nya. Fitur ini secara otomatis akan menonaktifkan notifikasi panggilan telepon, SMS, MMS, dan chat sehingga game dapat dimainkan tanpa gangguan.

Selanjutnya, untuk penggunaan di luar game seperti menjalankan aplikasi yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti telepon, SMS, Chat, jejaring sosial, dokumen, pemutar video, dan pemutar musik secara bergantian, performa smartphone-nya lancar.

Baterai

Huawei Y7 Pro (2019) menggunakan baterai dengan kapasitas yang mencapai 4000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, pihak Huawei pun mengklaim bahwa smartphone ini dapat bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal dengan hanya sekali cas saja setiap harinya.

Untuk membuktikannya, saya mencoba menjalankan beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan dan juga bermain game sesekali. Hasilnya, smartphone ini mampu bertahan sekitar 15 hingga 16 jam dari kondisi 100% hingga titik kritis 15%. Namun apabila digunakan untuk bermain game Mobile Legends secara nonstop maka hanya dapat bertahan di kisaran 5 hingga 6 jam.

Kesimpulan Awal

Dalam pemakaian selama beberapa hari ini, saya merasa bahwa Huawei Y7 Pro (2019) dapat menjalankan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari dengan baik dan tahan digunakan seharian. Smartphone ini pun bisa menjalankan game populer dengan lancar meski daya tahan baterainya tidak selama ketika dijalankan untuk pemakaian normal.

Selain itu juga Huawei Y7 Pro (2019) dapat menghasilkan foto-foto yang menarik berkat beragam mode foto yang dihadirkan pada aplikasi kamera bawaannya.

Tinggalkan Komentar