Tips dan Trik

Apa Itu WhatsApp Gold Dan Apa Bahayanya?

Apa Itu WhatsApp Gold Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sepanjang tahun 2018, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh oleh masyarakat secara global melalui layanan resmi, seperti App Store dan Google Play Store.

Dalam data-data dari Apptopia yang dilansir oleh halaman Detik, platform perpesanan populer yang berada di bawah naungan Facebook Inc tersebut telah diunduh sebanyak 779 juta kali hanya selama tahun 2018 lalu.

Dengan jumlah unduhan sebanyak itu, tentu saja layanan WhatsApp dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai macam aksi, seperti penipuan, penyebaran berita bohong, dan lain sebagainya.

Bahkan, kepopuleran dari WhatsApp itu sendiri dimanfaatkan oleh orang-orang untuk membuat aplikasi berbahaya yang mengatasnamakan layananan WhatsApp, seperti WhatsApp Gold.

Apa Itu WhatsApp Gold?

Dalam sebuah pesan berantai, disebutkan bahwa WhatsApp memiliki sebuah layanan premium yang pada akhirnya bocor ke publik sehingga bisa diunduh dan digunakan oleh para pengguna biasa. Layanan premium ini disebut sebagai WhatsApp Gold.

Versi premium WhatsApp ini menawarkan berbagai macam fitur khusus, seperti mengirim foto ke 100 orang sekaligus, dapat menghapus pesan terkirim pada suatu waktu, membuka pesan tanpa ketahuan dan lain sebagainya.

Sayangnya, layanan WhatsApp Gold ini ternyata bukan layanan resmi dari platform WhatsApp, karena saat pengguna akan memperbarui WhatsApp ke versi ini akan dilempar ke halaman non resmi WhatsApp dan bukan Google Play Store atau App Store.

Yang perlu dicurigai lagi, aplikasi yang sebenarnya buatan dari pihak ketiga yang memanfaatkan source code dari  WhatsApp ini bisa saja memuat hal-hal yang berbahaya, seperti malware atau pencurian data.

Sebenarnya, pesan berisi WhatsApp Gold ini telah beredar sejak tahun 2016 lalu. Namun, pesan tersebut kembali populer beberapa waktu belakangan ini dengan membawa konsep yang masih sama.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Supaya terhindar dari bahaya aplikasi semacam ini, ada baiknya tidak mengunduh aplikasi dari sumber non resmi. Khususnya aplikasi WhatsApp, aplikasinya secara resmi hanya bisa diunduh melalui halaman WhatsApp, Google Play Store, App Store, atau toko aplikasi resmi lainnya.

Selain itu, jika kamu memperoleh pesan mengenai hal yang belum terbukti kebenarannya, seperti pesan WhatsApp Gold ini, ada baiknya kamu tidak pernah meneruskannya ke orang lain agar tidak banyak yang tertipu oleh pesan tersebut.

Dan bagi kamu yang sudah terlanjur menggunakan aplikasi WhatsApp Gold ini, sebaiknya kamu melakukan reset pabrik atau factory reset pada perangkat yang kamu gunakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar