ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

2 Cara Cepat Mengambil Screenshot di Perangkat Xiaomi Redmi 6A

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 6A Header

Gadgetren – Salah satu pertanyaan yang sering mendera pengguna ponsel baru adalah bagaimana cara melakukan screenshot di ponsel tersebut. Dan, hal ini pun berlaku juga bagi pengguna Xiaomi Redmi 6A.

Xiaomi Redmi 6A adalah salah satu ponsel kelas entri yang sebenarnya sudah diluncurkan di Indonesia sejak bulan September 2018 lalu. Ponsel ini dirilis bersama saudara kandungnya, Redmi 6, guna meneruskan dominasi Xiaomi di kelas paling bawah smartphone.

Dibanderol dengan harga kurang dari Rp 1,3 juta, perangkat ini cukup cocok bagi pengguna yang memiliki budget terbatas tapi membutuhkan perangkat yang bisa mengakomodasi kebutuhan di kesehariannya.

Secara sekilas, perangkat buatan Xiaomi cukup bisa diandalkan karena telah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio A22, yang disokong oleh RAM berkapasitas 2 GB dan memori penyimpan internal sebesar 16 GB.

Dan berbekal sistem operasi MIUI yang menawarkan kemampuan lebih dibandingkan dengan sistem Android secara murni, perangkat ini pun tentu saja telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur andalan Xiaomi, termasuk fitur screenshot atau screen capture.

Secara khusus untuk fitur ini, pengguna perangkat Xiaomi Redmi 6A bisa menggunakan dua cara berbeda untuk melakukannya. Meskipun demikian, dua cara ini sama-sama menawarkan kemudahan untuk melakukannya.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 6A dengan Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengambil Screenshot di perangkat Xiaomi Redmi 6A adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik power + volume down.

Pengguna hanya perlu membuka halaman yang akan di-screenshot, kemudian menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dalam rentang waktu beberapa saat sampai muncul suara khas shutter kamera atau muncul gambar kecil dari tampilan layar.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 6A Tanpa Tombol Fisik

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik tersebut, pengguna Xiaomi Redmi 6A juga dapat melakukan screenshot melalui panel quick settings yang bisa dibuka dengan mengusap bar notifikasi ke bawah.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih tombol Screenshot yang tertera di panel quick settings tersebut, dan membiarkan proses screenshot berjalan beberapa saat. Sama seperti cara pertama, tunggu sampai muncul suara shutter atau gambar kecil dari tampilan layar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar