Gadget Smartphone

Realme C1 vs Xiaomi Redmi 6A – Sama-sama Kelas Entri, Tapi Mana yang Terbaik?

Realme C1 vs Redmi 6A Header

Gadgetren – Ketika kita sedang mencari perangkat di kelas entri, realme C1 dan Redmi 6A bisa cukup menarik perhatian. Hal ini karena keduanya sama-sama menawarkan spesifikasi yang cukup bertenaga.

Dibanderol dengan harga Rp 1 Juta lebih sedikit, baik realme C1 maupun Redmi 6A menawarkan dukungan chipset, RAM, memori internal, kamera, hingga fitur yang cukup bisa membuatnya menjadi alternatif pilihan.

Namun, karena menyasar pengguna sekarang, yang notabene cukup selektif, tentu saja ada yang berbeda dari kedua smartphone ini. Lalu apa saja perbedaan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih salah satu di antaranya?

Tabel Perbandingan Spesifikasi Realme C1 vs Redmi 6A

Aspekrealme C1Redmi 6A
LayarIPS 6,2 inci HD+ (1.520 x 720 piksel), Gorilla GlassIPS 5,54 inci HD+ (1.440 x 720 piksel)
ChipsetQualcomm Snapdragon 450MediaTek Helio A22
GPUQualcomm Adreno 506PowerVR IMG GE8320
RAM2 GB2 GB
Memori Internal16 GB/32 GB16 GB/32 GB
Kamera Utama13 MP (f/2,2) + depth 2 MP13 MP (f/2,2)
Kamera Depan5 MP (f/2,2)5 MP (f/2,2)
FiturDual Nano-SIM, E-Compass, Accelerometer, Light Sensor, Proximity Sensor, Gravity Sensor, Bluetooth 4.2Dual Nano-SIM, E-Compass, Accelerometer, Light Sensor, Proximity Sensor, Bluetooth 4.2
Baterai4.230 mAh3.000 mAh
OSColorOS 5.1 (Android 8.1 Oreo)MIUI 10 (Android 8.1 Oreo)

Perbedaan Utama Realme C1 vs Redmi 6A

Layar

Karena desain sangat erat kaitannya dengan selera, maka kami akan membandingkan realme C1 vs Redmi 6A langsung pada aspek teknisnya saja. Dan sebagai yang pertama, kami akan melihatnya di aspek layar terlebih dahulu.

Realme C1 vs Redmi 6A Layar

Baik Realme C1 dan Redmi 6A, keduanya dibekali dengan layar IPS beresolusi HD+. Namun meskipun demikian, realme C1 menawarkan layar lebih luas dengan resolusi yang sedikit lebih tinggi.

Selain itu, realme C1 juga memiliki satu kelebihan dibandingkan penandatanganannya. Yang mana dalam hal ini, perangkat buatan jebolan OPPO ini sudah dilengkapi dengan pelindung layar, Corning Gorilla Glass.

Kinerja

Secara teknis pun, Realme C1 menawarkan kinerja yang lebih handal berkat chipset Snapdragon 450 yang dimilikinya. Di atas kertas, chipset ini lebih unggul dibandingkan Helio A22 yang ada di Redmi 6A.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh TabloidPulsa, Realme C1 dengan chipset-nya tersebut bisa menyentuh angka 73.627 poin AnTuTu. Padahal lawannya, Redmi 6A, hanya bisa menyentuh angka 61.914 poin.

Kamera

Selain itu, aspek fotografi realme C1 pun lebih komplit dibandingkan kamera yang dimiliki Redmi 6A. Sesuai dengan tabel, realme C1 sudah dilengkapi dengan kamera ganda, sedangkan Redmi 6A masih mengandalkan kamera tunggal.

Realme C1 vs Redmi 6A Kamera

Secara teori, realme C1 akan lebih mumpuni untuk digunakan untuk mengambil foto dalam berbagai macam mode, terutama mode portrait. Perangkat ini akan mampu mengambil latar buram dengan lebih baik.

Baterai

Realme C1 juga dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan Redmi 6A. Hal ini cukup sesuai dengan teknologi manufaktur yang digunakan pada chipset-nya, di mana Snapdragon 450 masih menggunakan fabrikasi 14 nm sementara Helio A22 sudah 12 nm.

Bagi yang belum tahu, semakin kecil teknologi manufaktur yang digunakan, biasanya chipset akan menawarkan kinerja yang lebih optimal dengan efisiensi daya yang lebih baik alias akan lebih hemat daya.

Tinggalkan Komentar