Gadget Smartphone

Honor 8X VS Vivo V11: Duel Ponsel Rp 3 Jutaan yang Bertenaga

Honor 8X VS Vivo V11 - Header

Gadgetren – Di kelas menengah, Honor dan Vivo masing-masing punya ponsel andalan yang menawarkan kemampuan yang tak bisa diragukan. Honor memiliki Honor 8X, sementara Vivo memiliki V11.

Dua ponsel tersebut merupakan ponsel yang sangat cocok dipertimbangkan bagi kamu yang memiliki dana di kisaran Rp 3 hingga 4 Jutaan. Hal ini karena Honor 8X dibanderol Rp 3.999.000 sementara Vivo V11 dibanderol dengan harga sama untuk varian tertingginya.

Secara lebih detail, meski menawarkan harga yang cukup imbang, ternyata kedua ponsel ini menawarkan spesifikasi yang cukup jauh berbeda dan cukup perlu diperhatikan bagi kamu yang sedang mempertimbangkan keduanya.

Desain dan Layar

Honor 8X VS Vivo V11 - Layar

Honor 8X dan Vivo V11 menawarkan desain yang sangat amat berbeda. Pertama, meski sama-sama membawa notch atau poni, Honor 8X membawa poni yang lebih lebar dibandingkan dengan Vivo V11 yang memiliki poni kecil berjuluk Waterdrop Display.

Selain itu, perangkat Honor 8X membawa layar berukuran 6,5 inci yang notabene lebih besar dari Vivo V11 yang hanya memiliki layar berukuran 6,3 inci. Yang cukup menarik, Honor menawarkan sertifikat TUV Rheinland untuk layarnya.

Kinerja

Honor 8X VS Vivo V11 - Performa

Untuk memberikan kinerja terbaik, Honor 8X dipersenjatai dengan chipset HiSilicon Kirin 710 sementara Vivo V11 mengandalkan kemampuan chipset MediaTek, yakni Helio P60. Di atas kertas, kedua chipset ini cukup setara.

Kedua chipset ini sama-sama menawarkan pabrikasi 12 nm yang mampu memberikan kinerja yang lebih unggul tetapi konsumsi daya yang lebih baik atau lebih efisien. Keduanya juga sama-sama menggunakan ARMĀ  Cortex-A53 dan Cortex-A73, hanya saja Kirin bisa dipacu hingga 2,2 GHz sementara MediaTek hanya sampai 2,0 GHz.

Dan yang membedakan dari dua chipset ini, MediaTek Helio P60 sendiri telah mengandalkan GPU Mali G72 yang bisa bekerja dengan frekuensi hingga 800 Mhz, sementara Kirin 710 masih menggunakan GPU yang lebih lama, yakni Mali G51 yang hanya bisa dipacu hingga 650 MHz.

Namun, dalam salah satu uji benchmark di perangkat berbeda, HiSilicon Kirin 710 menawarkan kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan MediaTek Helio P60.

RAM dan Internal

Guna melengkapi chipset andalannya tersebut di atas, masing-masing perusahaan pengembang ponsel tersebut pun menawarkan kombinasi RAM dan memori internal yang cukup berbeda.

Honor 8X hanya menawarkan satu varian dengan RAM 4 GB, sedang Vivo V11 punya dua varian dengan RAM 4 GB dan 6 GB. Sementara untuk internalnya, Honor 8X membawa memori 128 GB yang notabene lebih besar dari Vivo V11 yang hanya menawarkan memori 64 GB.

Fotografi

Honor 8X VS Vivo V11 - photografi

Dilihat dari spesifikasinya, Honor 8X menawarkan kemampuan kamera utama lebih baik. Honor dilengkapi dengan kamera ganda beresolusi 20 MP + 2 MP sedangkan Vivo V11 menawarkan kamera ganda beresolusi 12 MP + 5 MP.

Dan berlaku sebaliknya, untuk urusan selfie, Vivo V11 lebih unggul, karena perangkat ini membawa resolusi 25 MP dan Honor 8X membawa resolusi 16 MP.

Tinggalkan Komentar