ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Pakai MediaTek Helio P35, Performa Mi Play Lebih Bagus dari Redmi Note 4. Kok Bisa?

Xiaomi Mi Play Header

Xiaomi baru saja meluncurkan smartphone menengah terjangkaunya yang bernama Mi Play di dunia. Bisa dibilang Mi Play menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan MediaTek Helio P35 Octa-core.

Tentunya sebagian orang banyak yang bertanya mengenai performa yang dapat dihasilkan oleh chipset ini sehingga menjadi pertimbangan oleh Xiaomi untuk menyematkannya pada Mi Play.

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, terlihat skor total AnTuTu Mi Play mencapai 86.352 poin dengan kombinasi 40.811 poin untuk CPU, 13.541 poin untuk GPU, 24.432 poin untuk UX, dan 7.568 poin untuk Memory.

Bisa dibilang skor AnTuTu ini melebih smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625, seperti Xiaomi Redmi Note 4, Redmi S2, Redmi 5 Plus, dan masih banyak lagi. Namun tetap saja Helio P35 masih berada di bawah Snapdragon 636 Octa-core yang mempunyai skor AnTuTu di kisaran 115 ribu poin.

Sekilas, MediaTek Helio P5 ini memiliki konfigruasi Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan maksimum 2,3 GHz dan dikembangkan oleh TSMC dengan menggunakan teknologi proses 12nm yang kekinian.

Berkat teknologi proses 12nm, membuat Helio P35 lebih bertenaga dan hemat baterai dibandingkan dengan Snapdragon 630 Octa-core yang menggunakan teknologi proses 14nm. Dengan kata lain, performa Helio P35 berada di antara Snapdragon 630 dan Snapdragon 636.

GPU PowerVR GE8320 yang hadir pada chipset ini hampir sama dengan Helio P22, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi mencapai 680 MHz. Selanjutnya, Helio P35 juga telah mendukung layar dengan resolusi Full HD+ dan beraspek rasio 20:9.

Menariknya lagi, Helio P35 ini juga telah mendukungan RAM dengan teknologi LPDDR3 dan LDDR4 (4GB dan 6GB), storage internal eMMC 51, dan dukungan dua kamera 13 MP atau satu kamera 25 MP.

Bahkan chipset ini pun mampu memberikan dukungan efek bokeh yang profesional ketika mengambil foto, Electronic Image Stabilization (EIS), Rolling Shutter Compensation (RSC), Face Unlock menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan album foto pintar.

Tak ketinggalan, Helio P35 pun telah mendukung dual-band Wi-Fi, Bluetooth 5.0, VoLTE, dan ViLTE. Bisa dibilang MediaTek sudah melakukan pengembangan yang menarik di tahun 2018 agar mampu bersaing dengan Snapdragon buatan Qualcomm.

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar