ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone Tekno

OPPO A7 vs Realme 2 Pro: Mirip di Luar, Beda di Dalam

OPPO A7 vs Realme 2 Pro Header

Gadgetren – Meskipun diklaim menyasar pasar yang berbeda, tetapi perusahaan OPPO dan mantan anak perusahaannya, Realme, terlihat masih cukup kompak menyasar kelas menengah ke bawah.

Bahkan tidak hanya kelasnya, kekompakan tersebut juga terjadi di beberapa aspek lain, seperti kesamaan spesifikasi jeroan atau desain yang digunakan pada beberapa ponsel buatan dari keduanya.

OPPO A7 dan Realme 2 Pro menjadi bukti kekompakan tersebut. Kedua perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan berbeda tersebut memiliki desain bodi yang sekilas terlihat sangat mirip.

Keduanya sama-sama menggunakan layar berponi yang mengusung desain waterdrop display, menempatkan kamera belakang di posisi sama dan gaya yang sama, serta sama pada beberapa detail lainnya.

Persamaan ini tentu saja menimbulkan banyak pertanyaan. Salah satunya, apakah OPPO A7 vs Realme 2 Pro juga memiliki kemampuan yang setara? Atau salah satunya lebih unggul?

OPPO A7 VS Realme 2 Pro

Kinerja: Snapdragon 450 VS Snapdragon 660

Dari sekian banyak perbedaan, yang terlihat paling mencolok adalah penggunaan chipset Snapdragon 450 pada OPPO A7 dan chipset Snapdragon 660 pada Realme 2 Pro. Meski sama-sama buatan Qualcomm, dua chipset ini punya kemampuan yang berbeda cukup jauh.

Snapdragon 450 dikembangkan oleh Qualcomm secara khusus untuk menyasar kelas entri atau budget smartphone, sementara Snapdragon 660 untuk perangkat-perangkat yang menyasar kelas menengah ke atas.

Secara teknis, Snapdragon 450 masih dilengkapi dengan inti ARM Cortex-A53 dengan GPU Adreno 506. Kombinasi ini terpaut cukup jauh jika dibandingkan dengan Snapdragon 660 yang telah menggunakan inti khusus berbasis ARM bernama Kyro 260 yang dipadukan dengan GPU Adreno 512.

Kamera: 13 MP VS 16 MP

Selain dari kinerjanya, tentu sektor fotografi tentunya juga menjadi bahan pertimbangan untuk mencari ponsel yang tepat. Dan di sektor ini, Realme 2 Pro juga lebih unggul berkat kamera ganda beresolusi 16 MP + 2 MP miliknya.

Kenapa bisa unggul? Meskipun sama-sama menggunakan lensa sekunder dengan ukuran sama, Realme 2 Pro memiliki ukuran resolusi sensor utama lebih tinggi karena OPPO A7 hanya memiliki kamera 13 MP + 2 MP.

Dengan resolusi yang lebih besar, seharusnya Realme 2 Pro lebih detail dan jelas saat mengambil obyek foto, apalagi kedua perangkat ini menggunakan ColorOS sebagai sistem operasinya, yang notabene di dalamnya juga termasuk software kameranya.

Baterai: 4.230 mAh VS 3.500 mAh

Di atas kertas, OPPO A7 tentunya dapat digunakan lebih tahan lama dalam menunjang aktivitas harian. Selain karena kapasitasnya yang mencapai 4.230 mAh, hal tersebut juga disebabkan karena OPPO A7 memiliki layar yang lebih kecil dan resolusi yang lebih kecil.

Sebagai tambahan informasi, OPPO A7 memiliki layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel). Sedangkan dengan baterai 3.500 mAh, Realme 2 Pro malah menawarkan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar