Gadget Smartphone

Vivo Y95 VS Vivo V9. Beda Kelas Tapi Bisa Bersaing?

Vivo Y95 VS Vivo V9 Header

Gadgetren – Cukup berbeda dengan Vivo V9, tidak ada acara megah saat peluncuran Vivo Y95 ke Indonesia. Namun, apakah ponsel buatan Vivo ini bisa bersaing seperti pendahulunya tersebut?

Seperti yang diulas Kompas pada bulan September 2018 lalu, Vivo V9 merupakan perangkat terlaris buatan Vivo karena dianggap memiliki harga dan spesifikasi yang pas bagi para pengguna perangkat seluler di Indonesia.

Dengan dominasi ini, tentunya banyak ponsel baru yang akan dibanding-bandingkan dengan ponsel tersebut saat akan mulai masuk ke pasaran Indonesia, seperti Vivo Y95 yang baru saja dirilis salah satunya.

Guna menjawab rasa penasaran bagaimana perbandingan dari kedua ponsel buatan Vivo ini, berikut ini ulasan mengenai perbandingan Vivo Y95 vs Vivo V9, dilihat dari berbagai macam sudut pandang.

Layar

Meskipun membawa ukuran layar yang hampir sama, di mana Vivo Y95 berukuran 6,22 inci sementara Vivo V9 berukuran 6,3 inci, Vivo Y95 membawa resolusi yang lebih rendah dibandingkan pendahulunya tersebut.

Vivo 95 hanya dibekali layar IPS dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel), sedangkan Vivo V9 telah dilengkapi resolusi Full HD+ (2280 x 1080), yang notabene akan terlihat lebih tajam jika digunakan pada ukuran layar yang hampir sama.

Namun bagi kamu yang tidak suka poni atau notch, Vivo Y95 menawarkan poni yang lebih kecil seperti tetesan air, yang disebut dengan Waterdrop Display yang juga digunakan pada perangkat Vivo V11.

Performa

Vivo V9 juga telah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 450, RAM 4 GB, dan memori internal sebesar 64 GB. Sementara Vivo Y95 masih mengandalkan chipset Snapdragon 439 dengan RAM 4 GB dan memori internal sebesar 32 GB.

Sebagai tambahan informasi, Snapdragon 450 dan Snapdragon 439 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti dari clock frekuensi, dukungan GPU, dan lainnya, yang tentunya harus juga dipertimbangkan.

Kamera

Di sektor fotografi, kedua perangkat Vivo ini memiliki spesifikasi kamera belakang yang cukup serupa, di mana keduanya sama-sama memiliki kamera utama 13 MP + 2 MP, namun tidak untuk kamera depannya.

Meskipun sama-sama membawa kamera depan beresolusi tinggi dan sistem kecerdasan buatan di dalamnya, Vivo Y95 hanya membawa kamera beresolusi 20 MP, sedangkan perangkat pendahulunya telah membawa kamera beresolusi hingga 24 MP.

Baterai

Untuk baterainya sendiri, Vivo Y95 menawarkan baterai yang lebih besar, yang mana telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.030 mAh, sementara Vivo V9 hanya dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.260 mAh.

Fitur

Di segi fitur kedua perangkat ini cukup setara. Namun, Vivo Y95 secara mendasar lebih unggul di sistem operasi yang digunakan karena telah menggunakan FunTouch OS 4.5, sementara Vivo V9 masih menggunakan FunTouch OS 4.0.

Harga

Di pasaran Indonesia saat ini, Vivo V9 dijual dengan banderol harga Rp 3.599.000 di toko resminya. Sementara itu, Vivo Y95 yang baru hadir dijual dengan harga lebih murah, dengan harga Rp 2.999.000.

Kesimpulan

Sebenarnya, kedua perangkat ini memiliki pasar yang cukup berbeda jika dilihat dari harga dan spesifikasi yang ditawarkannya. Sebagaimana seri V, Vivo V9 digunakan menyasar pasar menengah ke atas. Sementara Vivo Y95 juga seperti seri Y lainnya, digunakan menyasar pasar menengah ke bawah.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar