Berita Smartphone

Nokia 8.1 Resmi Bawa Snapdragon 710 & RAM 4GB. Berapa Harganya?

Nokia 8 1 Header

Baru-baru ini HMD Global secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di Eropa, yakni Nokia 8.1. Secara spesifikasi hardware dan desain, smartphone yang satu ini mirip dengan Nokia X7.

Nokia 8.1 sendiri menggunkan layar 6,18 inci yang beresolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni atau notch yang menyerupai iPhone.

Meskipun poni ini mengurangi sebagian bezel layar atasnya, namun masih banyak juga orang yang tidak menyukai kehadirannya. Untuk itu, penggunanya pun dapat menyamarkan poni ini dengan fitur Hide Notch sehingga bagian atas layarnya terlihat rata.

Untuk memanjakan pencinta selfie, Nokia 8.1 pun telah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 20 MP yang dapat menghasilkan foto selfie atau wefie dengan kualitas yang bisa dibilang bagus.

Sementara dua kamera belakang mempunyai kombinasi kamera primer 12 MP berlensa Carl Zeiss + kamera sekunder, Optical Image Stablization, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan rapi dan instan.

Dapur pacunya sendiri dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 710 Octa-core yang bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat teknologi proses 10nm yang efisien.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, HMD Global pun telah menyematkan RAM 4 GB dan storage internal 64 GB. Namun apabila penggunanya merasa kapasitas internalnya kurang lega maka dapat menyematkan microSD hingga 400 GB.

Dengan kombinasi hardware ini membuat Nokia 8.1 mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 3500 mAh yang diklaim mampu bertahan cukup lama.

Selain itu, fitur 18W fast charging pun telah hadir di dalamnya yang memungkinkan smartphone dapat mengisi daya baterai dengan cepat. Masih seperti smartphone Android lainnya, Nokia 8.1 ini pun mengikuti proyek Android One.

Tak tanggung-tanggung, perangkat yang satu ini langsung menggunakan sistem operasi Android 9 Pie yang mendapatkan update tercepat dan terdepan hingga 2 tahun dari Google sehingga akan langsung kebagian Android 10 Q dan Android 11 R di tahun mendatang.

Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, WiFi, Bluetooth, sensor fingerprint, dan Face Unlock telah hadir pada smartphone ini. Nantinya Nokia 8.1 ini akan dijual terlebih dahulu di Eropa pada pertengahan Desember dengan harga yang mencapai 399 Euro atau sekitar Rp 5,7 juta.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar