Berita

Google Umumkan Produk dan Program Terbaru di Google For Indonesia

Google For Indonesia Header

Hari ini Google menyelenggarakan acara bertajuk Google For Indonesia di Jakarta. Bisa dibilang ini merupakan acara ketiga yang telah diselenggarakan Google yang memiliki tema dan materi berbeda setiap tahunnya.

Pada tahun 2018 ini Google mengumumkan beragam produk dan kemitraan yang akan membantu masyarakat Indonesia untuk maju secara bersama-sama dalam ekonomi digital agar berkembang dengan pesat.

Beberapa produk menarik yang dihadirkan Google pada acara ini terdiri dari Jobs on Google Search yang memungkinkan penggunanya dapat mencari pekerjaan di Indonesia dengan lowongan pekerjaan yang relevan.

Selanjutnya terdapat Google Go yang merupakan aplikasi untuk membantu pengguna smartphone Android dalam menemukan beragam konten menarik di internet. Bahkan Google memperkenakan feature phone bernama Wizphone.

Dalam Wizphone ini sudah disematkan Google Assistant yang dapat membantu penggunanya untuk aktivitas sehari-hari dengan perintah suara saja. Sementara itu, Wizphone sendiri merupakan feature phone dari Google dengan KaiOS yang dijual hanya Rp 99 ribu di Alfamart seluruh Indonesia.

Tak hanya aplikasi saja, Google pun mengumumkan mengenai pengembangan program pelatihan digital dan berbagai platform untuk membantu developer aplikasi, usaha kecil, dan pengusahan perempuan di Indonesia untuk terus melangkah ke depan.

Sekilas, Google sendiri sudah melatih sejuta UKM dari Indonesia sejak tahun 2015 dan pada hari ini mengumumkan komitmen terbarunya untuk melatih sejuta UKM lagi dari Indonesia hingga tahun 2020.

Bahkan Veronica Utami selaku Head of Marketing Google Indonesia pun mengumumkan bahwa inisiatif literasi digital Google, termasuk dana sebesar US$ 875.000 dari berbagai organisasi filantropi Google.org.

Kemudian, Google pun berkolaborasi dengan Wikipedia untuk membuat konten berbahasa Inggris yang dapat diakses dan berguna bagi orang Indonesia saat ini. Nantinya sistem dari Google akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan menggunakan sistem neural machine translation yang menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Terakhir, artikel tersebut akan muncul di Google Search.

Google pun memperkenalkan Book A Ride yang memungkinkan pengguna smartphone Android dapat memesan angkutan online dengan menggunakan Google Assistant tanpa perlu harus mengetik alamat di smartphone lagi.

Tak ketinggalan, Krish Vitaldevara selaku Director Product Management Google Maps pun mengumumkan fitur-fitur Maps yang dapat membantu perjalana sehari-hari pengguna smartphone lebihh nyaman dan minim stress. Dengan hadirnya produk dan program menarik ini, Google berharap dapat membantu masyarakat Indonesia melewati era digital dengan mudah.

Tinggalkan Komentar