Tips dan Trik

Apa Fungsi VPN di Perangkat Android?

Fungsi VPN di Android Header[Ilustrasi oleh Pexels]

Gadgetren – Secara mendasar, perangkat Android biasanya dikembangkan dengan dilengkapi fitur VPN atau Virtual Private Network. Namun, apakah kamu sudah tahu apa saja fungsi dari fitur ini?

Virtual Private Network, yang dalam bahasa Indonesia disebut jaringan pribadi virtual, sebenarnya merupakan jaringan komputer fisik yang menggunakan sebuah protokol tertentu sehingga dapat diakses secara pribadi (rahasia) di jaringan publik.

Secara umum, VPN ini memiliki fungsi untuk menyediakan jalur komunikasi data yang aman dan rahasia, menjaga keutuhan data, dan memastikan keaslian sumber dari data yang diakses.

Meskipun fungsinya sama untuk perangkat Android, namun secara lebih spesifik, VPN dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal berikut di bawah ini.

Berselancar di Dunia Maya Lebih Aman

Saat terhubung ke jaringan publik, seperti WiFi di tempat makan, mall, kafe, atau lainnya, akses data ke perangkat Android kita pun ikut terbuka, yang mana dapat dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab untuk mencuri atau meretas data kita.

Sebagai antisipasi, menggunakan jaringan pribadi virtual atau VPN dapat menghindari hal tersebut. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, VPN dilengkapi dengan sebuah protokol yang akan melakukan enkripsi data sebelum data diakses.

Memindahkan Regional Atau Wilayah

Dengan menggunakan VPN, penggunaan perangkat Android bisa memindahkan jaringan lokalnya ke jaringan lokal di negara lain. Hal ini sangat berfungsi untuk menemukan server yang tepat, seperti saat sedang bermain atau akan mengunduh game.

Misalnya, untuk mencari lawan yang lebih mudah dan sedikit saat bermain Mobile Legends, atau untuk mengunduh game yang belum secara resmi tersedia di Google Play Store regional Indonesia.

Mengatasi Gangguan Sinyal Internet

Masih berkaitan dengan server, fungsi lain VPN di perangkat Android adalah dapat mengatasi sinyal internet yang diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang sedang mengakses server atau jaringan lokal yang sedang digunakannya.

Dengan menggunakan VPN di perangkat Android, secara teknis kamu bisa berpindah ke server atau jaringan lokal lain, yang notabene sedang tidak banyak diakses oleh banyak pengguna.

Namun tentu saja, hal ini tidak berlaku jika permasalahan sinyal tersebut diakibatkan oleh lemahnya sinyal yang diterima perangkat, akibat jauh atau tidak terjangkau dengan baik oleh BTS (Base Transceiver Station).

Membuka Akses ke Layanan yang Diblokir

Untuk fungsi yang ini, mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu. Dengan menggunakan VPN, kita dapat mengakses berbagai macam informasi secara rahasia berkat adanya protokol khusus.

Oleh karena itu, jika tidak memiliki protokol yang sama, pemerintah pun tidak dapat mengetahui isi dari data yang berada di jaringan pribadi tersebut. Atau dengan kata lain, pemerintah tidak tahu situs atau layanan apa saja yang sedang kamu akses sehingga tidak bisa memblokirnya.

Tinggalkan Komentar