Smartphone

Apa Itu Android Go?

Nokia 1 New Header

Gadgetren – Selain Android One, Google pun memiliki satu program lagi yang bernama Android Go. Tentunya Gadgeter akan bertanya-tanya mengenai dari program yang satu ini dan perbedaannya dibandingkan dengan Android One.

Awalnya Google sendiri berusaha menyediakan smartphone dengan spesifikasi hardware menarik, namun harganya murah di beragam negara berkembang dengan program Android One. Vendor-vendor smartphone pun diajak bekerja sama untuk menyukseskan program yang satu ini.

Namun seiring berjalannya waktu, Android One pun ternyata berubah tingkat ke kelas menengah dengan harga yang bisa dibilang sedikit lebih mahal dibandingkan program Android One terdahulu.

Untuk itulah, program Android Go hadir di dunia yang memungkinkan Google untuk menyediakan sistem operasi update pada smartphone atau perangkat mobile dengan spesifikasi hardware rendah mulai dari RAM 512 MB atau 1 GB.

Berbeda dengan Android One yang menggunakan sistem operasi Android standar dan murni, Android Go sendiri merupakan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi oleh Google sedemikian rupa agar mampu berjalan optimal pada smartphone dengan spesifikasi hardware rendah.

Tentunya sistem operasi Android Go ini sendiri hemat dalam mengonsumsi kapasitas penyimpanan internal dan RAM sehingga tidak akan merepotkan smartphone dengan RAM kurang dari 1 GB dan storage di bawah 8 GB.

Bahkan Google pun menghadirkan beragam aplikasi dengan label Go untuk mendukung Android Go di Google Play Store, mulai dari Files Go, Maps Go, YouTube Go, dan masih banyak lagi yang tentunya sangat hemat dalam mengonsumsi kapasitas penyimpanan internl maupun RAM.

Program Android Go sendiri dimulai dari Android Oreo (Go Edition) yang sudah hadir pada smartphone dengan spesifikasi hardware entry-level, mulai dari Nokia 1, Alcatel 1X, ZTE Tempo Go, Micromax Bharat Go, Zenfone Live L1, dan masih banyak lagi.

Hal ini pun bisa menjadi pilihan banyak orang karena harganya pun akan menjadi sangat murah dengan kisaran mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1,5 juta. Bisa dibilang smartphone dengan Android Go ini cocok bagi penggunanya yang baru beralih dari feature phone, namun menginginkan beragam fitur menarik hadir di dalam smartphone yang dibeli.

Tinggalkan Komentar