Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6 Pro VS OPPO A3s. Ponsel Mana yang Layak Beli?

Xiaomi Redmi 6 Pro VS OPPO A3s Header Red

GadgetrenXiaomi dan OPPO adalah dua perusahaan yang cukup gencar bersaing mendapatkan pasar Indonesia. Salah satunya dilakukan dengan mengeluarkan ponsel, seperti Xiaomi Redmi 6 Pro dan OPPO A3s.

Sekilas, perangkat Xiaomi Redmi 6 Pro dan OPPO A3s merupakan tipe ponsel yang digunakan oleh masing-masing perusahaan untuk menyasar pengguna di kelas menengah. Kedua perangkat ini hadir dengan spesifikasi cukup mumpuni di kelas tersebut.

Pertanyaannya, manakah perangkat yang paling layak untuk dipinang? Guna menjawab pertanyaan ini, berikut ini ulasan mengenai perbandingan Xiaomi Redmi 6 Pro VS OPPO A3s yang wajib kamu simak.

Layar

Dalam urusan ini, OPPO A3s menawarkan layar yang lebih besar dibandingkan Xiaomi Redmi 6 Pro. Namun, Xiaomi Redmi 6 Pro menawarkan layar yang lebih tajam dibandingkan perangkat buatan OPPO tersebut.

Secara spesifik, OPPO A3s memiliki layar 6,2 inci namun beresolusi Full HD+ (1.520 x 720 piksel), sementara Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki layar 5,84 inci yang telah beresolusi Full HD+ (2.280 x 1.080 piksel).

Performa

Perangkat OPPO A3s mempercayakan dapur pacunya kepada Snapdragon 450, sementara Xiaomi Redmi 6 Pro mempercayakan pada Snapdragon 625. Secara teknis kedua chipset ini cukup mirip tetapi Snapdragon 625 tentu saja lebih unggul.

Sementara itu, untuk mengimbangi dapur pacunya tersebut, Xiaomi Redmi 6 Pro membawa RAM 3 GB atau 4 GB untuk memori 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori 64 GB. Sedangkan OPPO A3s membawa RAM  2 GB untuk memori 16 GB dan RAM 3 GB memori 32 GB.

Kamera

Untuk urusan kamera, keduanya telah dilengkapi dengan kamera utama ganda. Bedanya, Xiaomi Redmi 6 Pro dilengkapi dengan kamera 12 MP + 5 MP sementara OPPO A3s dilengkapi dengan kamera 13 MP + 2 MP.

Namun untuk kamera depannya, Xiaomi Redmi 6 Pro membawa dukungan kamera dengan resolusi yang lebih rendah, yakni sebesar 5 MP, sedangkan OPPO A3s telah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 8 MP.

Baterai

Kedua perangkat ini memang membawa chipset yang terkenal hemat daya, tetapi keduanya juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar. Xiaomi Redmi 6 Pro membawa baterai 4.000 mAh sementara OPPO A3s membawa baterai 4.230mAh.

Fitur

Kedua perangkat ini memiliki fitur yang hampir sama, di mana keduanya didukung oleh Face Unlock, sistem Android 8.1 Oreo, hingga beberapa fitur untuk perangkat menengah lainnya.

Harga

Di pasar Indonesia, Xiaomi Redmi 6 Pro dibanderol dengan harga kisaran Rp 2,1 Jutaan untuk varian terendahnya (RAM 3 GB memori 32 GB) , sementara OPPO A3s dibanderol dengan harga Rp 2,7 Jutaan untuk versi yang setara.

Kesimpulan

Mengingat beberapa faktor yang telah dijelaskan, Xiaomi Redmi 6 Pro menawarkan beberapa kelebihan, terutama di resolusi layar, performa, hingga harganya yang lebih terjangkau. Sementara OPPO A3s menawarkan baterai yang lebih besar dan kamera dengan resolusi yang lebih tinggi.

Tinggalkan Komentar