Berita

Exynos 980 Dirilis! Chipset 5G Pertama Samsung dengan Dukungan Kamera 108MP

Samsung Exynos 980 Feature

Gadgetren – Selain memproduksi smartphone dan perangkat elektronik rumah, Samsung juga mengembangkan chipset Exynos untuk produk buatannya maupun vendor lain.

Bisa dibilang chipset Exynos ini hadir di berbagai segmen, mulai kelas bawah hingga atas. Menariknya, hari ini Samsung secara resmi meluncurkan chipset terbarunya yang bernama Exynos 980.

Chipset yang satu ini mempunyai delapan inti dengan kombinasi dua inti Cortex-A77 berkecepatan 2,2 GHz dan enam inti Cortex-A55 berkecepatan 1,8 GHz. Produk ini pun mempunyai performa yang bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat teknologi proses 8nm.

Soal urusan grafis, Samsung telah mengombinasikan GPU Mali-G76 MP5 dengan Exynos 980 agar mampu menampilkan konten video, foto, maupun game dengan grafis yang bagus dan mulus tanpa hambatan.

Menariknya, modem yang mendukung jaringan 5G telah dibenamkan dalam chipset ini. Berkat modem ini, Samsung mengklaim bahwa Exynos 980 mampu memiliki kecepatan transfer 2,55 Gbps untuk jaringan 5G di spektrum sub-6GHz dan 1 Gbps untuk jaringan 4G sehingga mengizinkan kecepatan transfer hingga 3,55 GHz dengan kemampuan dual konektivitas.

Chipset ini juga dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) yang diklaim Samsung mempunyai peningkatan kecerdasan sebesar 2,7 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya sehingga memberikan kecerdasan dengan level baru.

NPU ini akan memberikan peningkatan pada beragam aplikasi, mulai dari otentikasi keamanan pengguna, penyaringan konten, Mixed Reality, kamera yang cerdas, dan masih banyak lagi.

Exyons 980 ini sudah mendukung penyimpanan internal berteknologi UFS 2.1 dan eMMC 5.1. Sementara RAM yang didukung oleh chipset ini sudah berteknologi LPDDR4x. Chipset buatan Samsung ini mampu untuk merekam video hingga resolusi 4K UHD dengan 120fps.

Menariknya, Exynos 980 pun memiliki dukungan satu kamera 108 MP atau dua kamera dengan kombinasi 20 MP + 20 MP. Dengan kata lain, ke depannya kita akan melihat smartphone Samsung dengan kamera yang mempunyai resolusi 108 MP.

Samsung dikabarkan siap memproduksi massal chipset Exynos 980 pada akhir tahun 2019. Sementara itu, smartphone dengan chipset ini akan dirilis pada kuartal 1 tahun 2020. Menurut kamu, smartphone apa yang akan pertama kali menggunakan chipset ini?

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar