Tips dan Trik

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tombol Fisik

Samsung Galaxy A6s Header

Gadgetren – Samsung merupakan perusahaan smartphone asal Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat pertama di dunia. Bahkan mengalahkan Apple sekalipun.

Bisa dibilang Samsung bermain di berbagai kelas, mulai dari bawah, menengah, hingga atas sehingga berhasil memikat kalangan. Berbeda dengan Apple yang hanya mengincar kelas atas saja.

Samsung pun terkenal dengan smartphone yang memiliki layar jernih dan terang berkat teknologi Super AMOLED ciptaannya sendiri. Selain itu, desain yang ditanamkan pada smartphone Samsung masa kini telah menggunakan desain Infinity Display.

Dengan desain Infinity Display ini memungkinkan layar smartphone terlipas lebar dan hampir tidak memiliki bezel sama sekali. Meskipun layarnya menarik, namun sebagian pengguna smartphone Samsung ternyata tidak mengetahui cara untuk melakukan screenshot pada HP Samsung tanpa tombol.

Untuk itu bagi Gadgeter yang penasaran dengan cara screenshot yang mudah ini maka dapat langsung melihatnya pada tutorial berikut ini. Fitur yang satu ini dinamakan Palm Swipe to Capture. Fitur screenshot ini secara default juga telah aktif di beragam perangkat Samsung generasi terbaru atau produk yang telah mengalami update sistem operasi.

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Tombol

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengaktifkan HP Samsung terlebih dahulu apabila dari kondisi mati
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat masuk ke menu Settings
  3. Pada menu Settings, Gadgeter dapat langsung memilih opsi Advanced Features dan memilih untuk mengaktifkan Palm swipe to capture
  4. Setelah aktif, Gadgeter dapat langsung menuju area yang akan di-screenshot
  5. Setelah area berhasil ditentukan maka Gadgeter dapat langsung melakukan swipe atau menyapu layar dari kanan ke kiri dengan kepalan tangan seperti pisau
  6. Apabila bunyi shutter terdengar dan layar berkedip maka screenshot berhasil dilakuan
  7. Pengguna HP Samsung dapat melihat hasil screenshot melalui menu notifikasi, aplikasi Gallery, maupun aplikasi foto editor yang dimilikinya.

Bisa dibilang fitur ini memudahkan pengguna HP Samsung untuk dapat langsung melakukan screenshot tanpa perlu repot menggunakan kombinasi tombol fisik, seperti pemencetan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.

Selain itu, rata-rata HP Samsung terbaru baik untuk kelas atas hingga bawah sudah bisa menikmati fitur terbaru ini. Namun biasanya pada HP lama Samsung yang sistem operasinya belum update hingga tahun 2017 atau 2018 belum mendapatkan fitur ini.

Sekilas fitur Palm Swipe to Capture ini hampir mirip seperti kemampuan screenshot 3 jari yang sudah hadir pda berbagai smartphone karena membuat penggunanya tidak perlu bersusah payah untuk melakukan kombinasi tombol fisik.

Tinggalkan Komentar