Tips dan Trik Aplikasi

Cara Download MP3 dari YouTube Agar Jadi File Lagu Atau Musik

Cara Download MP3 dari YouTube - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kita bisa menikmati berbagai macam musik atau video yang disukai dengan cara mengunduhnya sebagai MP3. Namun, apakah hal tersebut juga bisa dilakukan untuk konten-konten YouTube?

Seperti apa yang kita tahu bersama, YouTube telah menjadi rumah untuk berbagai macam jenis video. Termasuk di antaranya untuk konten-konten video musik yang bisa dinikmati sembari bekerja, belajar, atau sekedar bersantai.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri bahwa memutar musik lewat YouTube dapat membuat pemakaian kuota menjadi sedikit lebih boros. Streaming konten dalam bentuk video soalnya membutuhkan data yang lebih besar.

Pengalaman mendengarkan musik lewat YouTube juga sangat dipengaruhi oleh waktu pemuatan berkas. Agar dapat memperoleh pengalaman yang lebih baik, kita makanya memerlukan koneksi internet dengan kecepatan tinggi.

Memutar YouTube secara luring tentu dapat menjadi solusi untuk hal ini tetapi kita membutuhkan akun premium. Sementara alternatif lainnya kita bisa menyimpannya ke dalam format MP3.

Cara Download Berkas MP3 dari YouTube

  1. Buka aplikasi YouTube
  2. Cari video yang mau disimpan dalam bentuk MP3
  3. Buka video tersebut
  4. Ketuk tombol Share
    Cara Download MP3 dari YouTube - 1
  5. Pilih opsi Copy link
    Cara Download MP3 dari YouTube - 2
  6. Buka peramban
  7. Kunjungi halaman https://www.clipconverter.cc/
  8. Masukan tautan ke kolom Video URL to Download
    Cara Download MP3 dari YouTube - 3
  9. Tekan Continue
  10. Ubah Conversion format ke MP3
    Cara Download MP3 dari YouTube - 4
  11. Gulir hingga ke bagian paling bawah
  12. Ketuk tombol Start!
    Cara Download MP3 dari YouTube - 5
  13. Tunggu proses konversi selesai
  14. Ketuk tombol Download
    Cara Download MP3 dari YouTube - 6
  15. Ikuti petunjuk yang muncul sesuai peramban

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk download MP3 dari video YouTube dengan memakai layanan converter berbasis web. Saya sendiri secara khusus cukup merekomendasikan clipconverter.cc untuk hal tersebut.

Clipconverter.cc merupakan layanan yang bisa dipakai untuk mengubah video ke berbagai macam format secara daring. Selain mudah untuk digunakan, layanan berbasis web ini mempunyai iklan yang sangat sedikit dan tidak begitu mengganggu.

Layanan ini dapat dipakai untuk mengubah video dari URL tertentu ke MP3, M4A, AAC, MP4, 3GP,AVI, MOV, hingga MKV. Di dalamnya juga terdapat menu untuk mengubah setelan dan kualitas dari masing-masing format tersebut.

Download MP3 dari video YouTube memang sangat mudah untuk dilakukan. Namun perlu diingat bahwa konten khususnya musik mempunyai hak cipta sehingga menyebarkan atau bahkan mencari keuntungan dari file yang diunduh tidak dibenarkan.

Tinggalkan Komentar

9 Komentar