Mading

Mau Bisa Jepret Foto Keren Pakai Galaxy A7 2018? Coba Ikutin Tips Ini

Samsung Galaxy A7 Header

Gadgetren – Samsung Galaxy A7 2018 telah hadir di Indonesia dengan tiga buah kamera belakang untuk bisa menghasilkan foto memukau.

Kamera pada smartphone memang lebih cocok untuk digunakan untuk point-and-shoot atau memfoto cepat saja dengan mode Auto. Walaupun begitu tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan Pro Mode agar hasil foto indah layaknya seseorang yang handal fotografi.

Samsung Galaxy A7 juga punya berbagai fitur lainnya yang bisa digunakan seperti Live Focus dan Wide Angle yang memanfaatkan salah satu kamera belakang tambahan. Jadi kamu dapat lebih berkreasi tidak sekedar jepret-selesai dengan memakai smartphone besutan Samsung ini.

Pro Mode di aplikasi bawaan Galaxy A7 2018 sendiri terbilang sederhana dan mudah dipakai dibandingkan dengan seri Galaxy S atau Galaxy Note. Walaupun begitu seharusnya sudah cukup untuk para pengguna awam yang ingin coba fotografi.

Gambar di bawah merupakan tampilan dari Pro Mode di Galaxy A7 2018 dengan fitur Grid sudah diaktifkan.

Samsung Galaxy A7 Kamera App

Kolom Pertama

  • White Balance: Mengatur aplikasi secara otomatis atau manual agar sesuai dengan pencahayaan yang ada.
  • ISO: Mengatur seberapa besar tingkat sensitifitas dari sensor lensa kamera.
  • Eksposur: Mengatur seberapa besar tingkat keterangan foto.

Kolom Kedua

  • Ganti Kamera: Berganti antara kamera belakang atau depan.
  • Metering: Mengubah teknik yang digunakan untuk menentukan eksposur
  • Mode Fullview: Menyetel apakah ingin mengambil foto yang memenuhi seluruh layar smartphone atau konvensional.
  • Setting: Mengakses pengaturan aplikasi kamera.

Setelah mengetahui tampilan dari aplikasi kamera tersebut, lalu bagaimana untuk bisa mengambil foto lebih baik? Berikut tips yang bisa diikuti saat menggunakan fitur-fitur kamera yang ada di Galaxy A7.

Foto Dengan Live Focus

20181029_16491720181030_105629(klik gambar untuk perbesar)

Foto-foto tersebut saya ambil sendiri dengan menggunakan fitur Live Focus yang tersedia di Samsung Galaxy A7 saat acara workshop dengan diarahkan oleh Benny Lim yang merupakan seorang fotografer profesional dari HIFcreative.

Benny Lim menjelaskan untuk mendapatkan foto dengan efek bokeh yang baik bisa menggunakan teknik Rule of Third dengan memanfaatkan fitur Grid yang bisa ditemukan pada pengaturan aplikasi kamera. Rule of Third dapat membantu kamu untuk menempatkan objek pada posisi yang lebih menarik perhatian.

Berikut langkah-langkah untuk menghasilkan foto-foto Live Focus seperti di atas.

  1. Aktifkan fitur Grid dengan cara menekan simbol roda gigi di aplikasi kamera untuk mengakses pengaturan lalu pilih 3×3 pada menu Grid Lines.
  2. Fitur Grid tersebut membagi tampilan viewfinder menjadi 9 kotak. Rule of Third memanfaatkan salah satu dari sudut kotak tengah.
  3. Oleh karena itu, bidik objek yang ingin kamu foto sejajar dengan salah satu titik sudut tersebut.
  4. Atur tingkat background blur dengan cara menggesernya ke angka 4 atau 5 untuk memberikan efek bokeh yang tidak berlebihan.
  5. Jika merasa sudah pas, tekan tombol shutter untuk mengambil foto.

Hasilnya objek akan terlihat tidak terlalu dipinggir sambil memberikan area yang cukup untuk memberikan ruang terhadap objek lain atau latar. Setelah foto diambil, kamu masih bisa mengatur lagi tingkat keburaman yang diinginkan sehingga tidak perlu khawatir jika mendapatkan efek bokeh yang dirasa kurang memuaskan.

Foto Dengan Wide Angle

20181029_174405(klik untuk perbesar)

Kamu bisa mengaktifkan fitur Wide Lens secara sangat mudah, yakni dengan cara memilih simbol pohon berjejer saat menggunakan mode Auto.

Wide Lens dari Galaxy A7 ini memberikan sudut pandangan lebih lebar hingga 120 derajat sehingga bisa sekaligus menangkap lokasi dan objek lebih banyak. Hasil foto juga akan menjadi lebih tajam dengan warna akurat walaupun ada sedikit distorsi di pinggirannya.

Kamu juga bisa memanfaatkan distorsi yang ada untuk menghasilkan foto yang unik seperti menggunakannya secara vertikal saat ingin mengambil foto seseorang agar badan terlihat lebih raming dengan kaki jenjang.

Foto Pro Mode

20181029_173439(klik untuk perbesar)

Kebetulan saat workshop dilaksanankan, cuaca sekitar terlihat mendung di sore hari sehingga pencahayaan kurang optimal untuk mendapatkan hasil foto maksimal jika menggunakan Auto. Oleh karena itu Benny Lim menyarankan para peserta untuk menggunakan Pro Mode.

Dengan begitu, warna yang dihasilkan akan terlihat lebih natural layaknya dilihat langsung oleh mata dengan mengatur White Balance yang lebih sesuai untuk kondisi penchayaan tersebut. Berikut langkat-langkahnya mengatur White Balance di Pro Mode.

  1. Aktifkan fitur Pro Mode dengan memilih modus yang telah di sediakan.
  2. Ubah White Balance dari Auto menjadi 6500K Cloudy untuk menetralisir cahaya biru saat cuaca mendung.
  3. Atur ISO ke nilai 100 agar hasil foto tetap tajam dan detil walaupun terlihat sedikit lebih gelap.
  4. Atur posisi objek di viewfinder dan tekan tombol shutter untuk mengambil gambar.

Foto Low Light

20181029_211714(klik untuk perbesar)

Mode Auto dari Samsung Galaxy A7 2018 sebenarnya sudah sangat mampu untuk mengambil foto lowlight dengan cukup jelas, namun menggunakan Pro Mode akan menghasilkan foto yang lebih menarik dan dramatis sehingga tidak terlihat seperti diambil menggunakan kamera smartphone.

Untuk bisa mendapatkan foto lowlight yang jelas, kamu harus mengatur ISO secara manual. ISO sendiri merupakan tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi nilai ISO maka semakin besar cahaya yang terserap dan begitu juga sebaliknya. Namun tingginya ISO juga akan mempengaruhi banyaknya noise atau bintik-bintik yang muncul pada foto.

Untuk bisa mengambil foto lowlight seperti gambar di atas, berikut pengaturan yang digunakan.

  1. Aktifkan fitur Pro Mode di aplikasi kamera Galaxy A7.
  2. Ubah nilai ISO menjadi 400 untuk memberikan gambar optimal sehingga terlihat cukup jelas tanpa muncul noise terlalu signifikan.
  3. Ubah juga nilai eksposur menjadi sekitar +0.4 atau +0.6 agar hasil foto lebih terang.
  4. Jika merasa ISO dan ekposur sudah tepat, maka tekan tombol shutter.

~

Samsung Galaxy A7 2018 sebenarnya sudah mampu memberikan foto yang sangat baik dalam mode Auto. Walaupun begitu dengan menggunakan fitur-fitur yang ada ini, kamu dapat menghasilkan foto yang lebih menggugah perasaan dan terlihat seperti diambil oleh fotografer profesional.

Fitur lainnya yang tidak kalah menari untuk digunakan merupakan Scene Optimizer yang akan mendeteksi objek secara otomatis apa yang akan ditangkap seperti makanan atau binatang dan memberikan pengaturan yang sesuai untuk menghasilkan foto optimal.

Tips kamera yang terlah dibagikan ini dapat digunakan di semua smartphone Samsung masa kini sehingga bisa langsung dicoba kalau kamu menggunakan model lainnya.

Tinggalkan Komentar