Gadget Unik

Apa Itu Skyroam SIMO dan Apa Keunggulannya?

Apa Itu Skyroam SIMO Header

Gadgetren – Produsen ponsel asal Perancis Wiko telah memboyong Tommy 3 dan Tommy 3 Plus ke pasar Indonesia dengan menggandeng teknologi buatan Skyroam SIMO. Apa itu Skyroam SIMO?

Berbeda dengan kebanyakan ponsel yang telah beredar di pasar Indonesia, Wiko Tommy 3 dijanjikan oleh pengembangnya dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya tanpa perlu terkoneksi dengan Wi-Fi atau pun operator telekomunikasi.

Dengan adanya fakta menarik ini, tentu saja banyak orang yang menjadi penasaran, kenapa bisa seperti itu? Sebenarnya jawabannya cukup sederhana, karena perangkat Wiko Tommy 3 telah menggunakan teknologi Skyroam SIMO.

Skyroam merupakan sebuah perusahaan yang cukup lama bergerak di bidang pengembangan virtual SIM, yakni sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang untuk memiliki sebuah nomor telepon dari operator penyedia layanan jaringan seluler tanpa membutuhkan kartu SIM.

Perusahaan yang didirikan oleh Jing Liu ini memiliki markas utama di San Francisco. Di Indonesia sendiri, Dealer Distribusi Utama yang dipercaya untuk menjalankan bisnis di Indonesia adalah H-Communication Indonesia (PT. Alvindo Travelcomm Mandiri) melalui Skyroam Indonesia Partner.

Untuk menunjang platform data seluler miliknya dapat bekerja dengan koneksi stabil dan kuat di mana pun penggunanya berada, perusahaan Skyroam telah bekerja sama dengan 300 operator dari 135 negara di dunia.

Apa Itu Skyroam SIMO?

Berbeda dengan beberapa produk Skyroam lain yang berbentuk perangkat keras, Skyroam SIMO merupakan layanan v-SIM dari Skyroam yang menggunakan basis aplikasi. Namun sayangnya, aplikasi ini belum tersedia secara resmi di toko aplikasi.

Secara garis besar, dengan mengaktifkan (dengan menekan tombol Connect) aplikasi ini, akan terjadi transfer data dari SIM Bank, yakni perangkat yang digunakan sebagai bagian dari instalasi gateway VoIP yang berisi nomor telepon, ke perangkat seluler.

Dengan adanya proses transfer data ini, maka perangkat seluler tersebut dapat terhubung dengan BTS (Base Transceiver Station) milik operator telekomunikasi seluler lokal yang telah bekerja sama dengan Skyroam.

Keuntungan Menggunakan Skyroam SIMO

Berbekal kartu SIM virtual dari Skyrom ini, kamu tidak perlu lagi khawatir saat melakukan perjalanan atau saat jaringan operator seluler yang kamu gunakan sedang tidak memadai. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan v-SIM ini, kamu bisa mendompleng pada operator lain.

Selain itu, Skyroam SIMO menawarkan layanan data yang diklaim lebih murah dari pada operator konvensional pada umumnya, yang bisa dibeli melalui aplikasi selulernya dan tersedia mulai dari paket 100MB.

Sayangnya, saat ini untuk top-up atau isi ulangnya, baru bisa dilakukan melalui layanan PayPal dan baru akan menggandeng layanan pembayaran lokal Indonesia, seperti TCash, OVO, Indomaret, dan Alfamaret di masa mendatang.

Selain itu, meskipun diklaim bisa digunakan pada perangkat seluler dari mulai kelas entri hingga flagship, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat-perangkat seluler yang menggunakan chipset buatan MediaTek.

Tinggalkan Komentar