Gadget Smartphone

Samsung Galaxy J6 (2018) VS Samsung Galaxy J7 Prime. Layak Buat Ganti?

Samsung J6 VS J7 Prime Header

Gadgetren – Menyasar pasar ponsel di kelas menengah ke bawah, perusahaan Samsung telah menyegarkan keluarga lini Galaxy J dengan ponsel terbarunya, yakni Samsung Galaxy J6 (2018).

Ponsel yang dikenalkan bersamaan dengan Samsung Galaxy J4 ini tentu saja membawa beberapa kelebihan jika dibandingkan pendahulunya, termasuk Samsung Galaxy J7 Prime yang hadir sebelumnya.

Nah, bagi kamu yang sedang mempertimbangkan Samsung Galaxy J4 untuk menggantikan ponsel lamamu, berikut di bawah ini perbandingan dua ponsel kelas menengah ke bawah buatan Samsung di atas.

Layar

Samsung Galaxy J6 hadir dengan membawa layar dengan ukuran 5,6 inci, resolusi HD+ (1.480 x 720 piksel), dan teknologi Super Amoled. Sementara Samsung Galaxy J7 Prime membawa layar 5,5 inci, resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel), dan teknologi PLS TFT.

Performa

Kedua perangkat ini sama-sama membawa chipset buatan Samsung sendiri, yakni chipset Exynos 7870 Octa-core berkecepatan 1,6 GHz, dan sama-sama mengusung RAM sebesar 3 GB. Namun, Samsung Galaxy J6 hadir hanya dengan memori internal 32 GB, sementara Samsung Galaxy J7 Prime hadir dengan dua tipe memori internal, yakni 16 GB dan 32 GB.

Kamera

Di sektor fotografi, kedua perangkat buatan Samsung ini hampir setara, di mana keduanya sama-sama membawa kamera utama dengan lensa beresolusi 13 MP dan kamera depan dengan lensa beresolusi 8 MP.

Baterai

Meskipun mengandalkan chipset dan kapasitas yang sama, kedua perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Samsung Galaxy J6 hanya dilengkapi baterai berkapasitas 3.000 mAH, sementara Samsung Galaxy J7 Prime dibekali dengan baterai 3.300 mAH.

Fitur

Samsung Galaxy J6 dan Samsung Galaxy J7 Prime membawa segenap fitur yang serupa, dari sensor fingerprint, port microUSB, hingga sensor accelerometer. Hanya saja Samsung Galaxy J6 telah membawa sistem yang lebih baru, yakni Android 8.0 Oreo, sementara Samsung Galaxy J7 Prime belum.

Harga

Samsung Galaxy J6 dibanderol dengan harga Rp 3.299.000, sementara Samsung Galaxy J7 Prime hanya dijual dengan harga Rp 2,5 Jutaan di beberapa toko online di Indonesia.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J6 memang cukup layak menggantikan Samsung Galaxy J7 Prime meskipun dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Perangkat yang juga mengusung kombinasi chipset dan RAM Samsung Galaxy J7 Prime ini, menawarkan desain yang lebih kekinian, dukungan layar premium Samsung, dan dukungan sistem yang lebih baru.

Namun bagi kamu yang masih tetap ingin bertahan dengan Samsung Galaxy j7 Prime yang dibanderol lebih murah, hal ini pun tidak ada salahnya, mengingat keduanya menawarkan spesifikasi jeroan yang hampir sama. Bahkan, perangkat ini menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar.

Leave a Comment