ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Lolos TKDN, Apple iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max Segera Dijual Resmi di Indonesia

iPhone XS Header

Baru – baru ini Apple telah menghebohkan dunia dengan meluncurkan 3 smartphone terbarunya yang bernama iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max. Bahkan banyak orang Indonesia pun rela mengantri untuk membeli salah satu iPhone tersebut di Singapura.

Sekilas, Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki Apple Store resmi sehingga akan menikmati penjualan awal iPhone terbaru serentak dengan berbagai negara utama, termasuk Amerika Serikat.

Sementara peluncuran iPhone terbaru di Indonesia harus menunggu beberapa bulan setelah negara-negara utama yang memiliki Apple Store menjualnya secara resmi. Untuk bisa menjual di Indonesia, pihak Apple harus membuat iPhone terbaru ini lolos TKDN sebanyak 30%.

iPhone XS TKDN Sertifikat

Menariknya berdasarkan pantauan tim Gadgetren di situs TKDN Kementerian Perindustrian, ternyata PT. Apple Indonesia secara resmi telah berhasil mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ketiga iPhone terbarunya dengan nomor 586/ILMATE/TKDN/9/2018 pada tanggal 27 September 2018.

Ketiga iPhone yang berhasil mendapatkan TKDN ini terdiri dari Apple iPhone XS dengan nomor model A2097, iPhone XS Max dengan nomor model A2101, dan iPhone XR dengan nomor model A2105. Bahkan ketiganya pun lulus syarat TKDN dengan nilai mencapai 30%.

Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi pencinta iPhone karena tidak perlu ke luar negeri untuk membelinya. Bahkan waktu peluncurannya ini akan lebih cepat dibandingkan kehadiran iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X tahun lalu.

Selain itu, sudah dipastikan bahwa iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR akan memiliki garansi resmi Indonesia sehingga akan memudahkan penggunanya dalam urusan perbaikan apabila terjadi masalah di kemudian hari.

Sekilas, iPhone XS dan iPhone XS Max dengan layar OLED Super Retina memiliki storage internal dengan pilihan 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Keduanya memiliki perbedaan ukuran layar, dimana iPhone XS mencapai 5,8 inci dan iPhone XS Max mencapai 6,5 inci.

Sementara varian termurahnya, iPhone XR mempunyai layar 6,1 inci berteknologi LCD Liquid Retina dengan storage internal yang mempunyai pilihan 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Bahkan ketiga iPhone ini memiliki performa yang sangat kencang berkat penggunaan chipset Apple A12 Bionic.

Meskipun sertifikat TKDN telah dikantungi oleh PT. Apple Indonesia, namun belum diketahui secara pasti waktu peluncuran dan penjualan resminya di Indonesia. Selain itu, kemungkinan besar harga dari ketiga iPhone ini akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga di Singapura.

[Sumber : Kementerian Perindustrian]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar