Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR yang Membuatnya Beda

iPhone XR Header

Gadgetren – Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi di dunia yang terkenal dengan produk komputer, laptop, dan smartphone di berbagai belahan dunia. Kemarin Apple baru saja meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama iPhone XR.

Menurut Apple, iPhone XR ini menjadi iPhone baru termurah yang diluncurkan di tahun 2018. Meskipun begitu, ternyata bagi sebagian orang justru iPhone XR ini memiliki harga yang bisa dibilang mahal.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari iPhone XR maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Kelebihan

Spesifikasi Hardware

iPhone XR ini telah dibekali dengan chipset Apple A12 Bionic yang menggunakan teknologi proses 12nm sehingga memiliki kecepatan dan performa yang sangat tinggi. Hal ini dapat membuat penggunanya dengan nyaman memainkan game atau aplikasi berat sekalipun.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, iPhone XR pun akan dibekali dengan storage internal yang terdiri dari 64 GB, 128 GB, atau 256 GB. Sayangnya untuk informasi lengkap mengenai baterai maupun RAM belum diungkapkan oleh Apple.

Dual SIM

Bisa dibilang iPhone XR beserta dua saudara lainnya menjadi smartphone Apple pertama yang menggunakan dua kartu SIM. Untuk konfigurasinya sendiri terdiri dari 1 kartu fisik nano SIM dan 1 eSIM yang sudah tertanam di dalamnya.

IP67

Sertifikat IP67 telah hadir pada smartphone ini yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap air dan debu hingga kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal mencapai 30 menit. Sebagai catatan, air yang diujikan pada sertifikat IP67 berjenis tawar sehingga apabila terkenal air laut maka akan cepat rusak.

iOS 12

Sistem operasi yang hadir pada iPhone XR telah menggunakan iOS 12. Selain keandalannya dalam mengonsumsi daya baterai, tentu saja performa dan fitur yang hadir pada iOS 12 ini lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya.

Face ID

iPhone XR ini sendiri telah dilengkapi dengan Face ID yanag lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya sehingga lebih akurat dalam mendeteksi wajah, bahkan dalam keadaan minim cahaya sekalipun.

Kamera utama 12 MP

iPhone XR ini dilengkapi dengan kamera utama 12 MP, OIS, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Bahkan beragam fitur pun telah disematkan pada aplikasi kamera bawaannya sehingga dapat membuat penggunanya lebih berkreasi.

Kekurangan

Kamera depan 7 MP

Menghadapi persaingan di tahun 2018, sudah banyak smartphone yang memiliki kamera depan dengan resolusi besar, seperti Vivo maupun OPPO. Namun Apple tetap hanya menyematkan kamera depan 7 MP pada iPhone XR.

Harga Mahal

Meskipun Apple mengatakan bahwa iPhone XR murah, namun nyatanya perangkat ini dijual mulai dari US$ 749 atau sekitar Rp 10,7 juta. Dengan harga semahal itu, biasanya orang di Indonesia akan membandingkannya dengan smartphone Android yang memiliki spesifikasi hardware, fitur, dan kamera menarik.

Tidak ada Fingerprint

Sayangnya iPhone XR ini hanya dibekali dengan Face ID untuk membuka kunci smartphone. Padahal sensor fingerprint lebih cepat dibandingkan dengan Face ID dan banyak orang yang masih sangat menyukai sensor ini.

Leave a Comment