Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6A vs Xiaomi Redmi 5. Layak Disebut Sebagai Penerus?

Redmi 6A vs Redmi 5 - Header

Gadgetren – Menyasar kelas entri, Xiaomi kembali meluncurkan perangkat murah dengan spesifikasi yang tidak murahan. Perangkat tersebut adalah Xiaomi Redmi 6A yang hadir bersamaan dengan Redmi 6.

Perangkat baru Xiaomi ini hadir menggantikan beberapa seri pendahulunya, termasuk keluarga dari serial Xiaomi Redmi 5, dengan membawa beberapa peningkatan sekaligus beberapa kelemahan.

Bagi yang penasaran bagaimana perbandingan Xiaomi Redmi 6A dengan perangkat pendahulunya, kamu dapat menyimak berbagai macam ulasan, salah satunya tentang perbandingan Xiaomi Redmi 6A vs Xiaomi Redmi 5 berikut ini.

Layar

Redmi 6A vs Redmi 5 - Layar

Meskipun sama-sama membawa desain kekinian, dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi HD+ (1440 x 720 piksel) berteknologi IPS, Xiaomi Redmi 6A hadir dengan layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5.

Untuk memperjelasnya, ponsel Xiaomi Redmi 6A memiliki ukuran layar sebesar 5,45 inci, sementara ponsel pendahulunya tersebut memiliki ukuran layar sebesar 5,7 inci.

Performa

Di segi kinerjanya, Xiaomi Redmi 6A hadir dengan membawa prosesor kelas entri MediaTek, yakni Helio A22 Quad-core 2 GHz, yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Sedangkan Xiaomi Redmi 5 mempercayakannya pada Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core 1,8 GHz, dengan varian RAM 2 GB untuk memori internal 16 GB dan RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB.

Kamera

Redmi 6A vs Redmi 5 - Kamera

Xiaomi Redmi 6A membawa kamera utama yang sudah ditingkatkan dari perangkat sebelumnya, di mana perangkat ini telah menggunakan kamera beresolusi sebesar 13 MP sedangkan perangkat Xiaomi Redmi 5 masih 12 MP.

Sementara untuk kamera depannya, kedua perangkat ini, baik Xiaomi Redmi 6A atau Redmi 5, mengusung kamera dengan resolusi yang besarnya sama, yakni sebesar 5 MP.

Baterai

Di sektor baterainya, Xiaomi Redmi 5 lebih unggul karena telah dibekali dengan baterai berkapasitas sebesar 3.300 mAh, sementara perangkat suksesornya hanya membawa baterai berkapasitas sebesar 3.000 mAh.

Fitur

Kedua perangkat Xiaomi ini memiliki kelengkapan dan fitur yang hampir sama, yang cukup membedakannya adalah ketersediaan dukungan face unlock, di mana Xiaomi Redmi 6A telah membawa dukungan ini.

Selain itu, sistem operasi yang digunakan kedua  perangkat ini pun secara default cukup berbeda, di mana Xiaomi Redmi 6A telah menggunakan MIUI 9 berbasis Android Oreo sementara Redmi 5 masih MIUI 9 berbasis Android Nougat.

Harga

Redmi 6A vs Redmi 5 - Harga

Kedua perangkat ini hadir ke Indonesia dengan harga yang tidak jauh berbeda karena memang menyasar kelas yang sama. Xiaomi Redmi 6A dibanderol dengan harga Rp1.249.000, sementara Xiaomi Redmi 5 Rp 1.699.000 untuk varian terendahnya.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 5 bisa dibilang lebih unggul pada beberapa segi, termasuk baterai dan ukuran layarnya. Namun, Xiaomi Redmi 6A juga dapat menjadi pilihan, karena meskipun dijual dengan harga yang lebih murah, perangkat ini menawarkan beberapa keunggulan.

Beberapa keunggulan tersebut di antaranya adalah dukungan fitur face unlock, kamera yang lebih besar resolusinya, dan dukungan MIUI 9 berbasis Android Oreo.

Tinggalkan Komentar