Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 6A. Saudara Kembar yang Berbeda!

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 6A - Header

Gadgetren – Dua ponsel baru Xiaomi baru saja lahir untuk menyasar kelas menengah ke bawah yang cukup banyak penikmatnya. Kedua perangkat ini adalah Xiaomi Redmi 6 dan Xiaomi Redmi 6A.

Tentu saja, mengusung nama yang hampir sama, kedua perangkat bersaudara ini hadir dengan memiliki banyak persamaan, sekaligus beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Lalu pada akhirnya, sebagian dari kita akan bertanya-tanya apa saja perbedaan dan persamaannya? Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut ulasan mengenai perbandingan antara Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 6A.

Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 6A

Layar

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 6A - Layar

Kedua perangkat baru Xiaomi ini membawa desain dan ukuran layar yang serupa, di mana keduanya memiliki ukuran layar 5,45 inci yang beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9.

Performa

Hadir menyasar kelas yang berbeda, Xiaomi Redmi 6 membawa prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core 2 GHz, sementara Xiaomi Redmi 6A hanya membawa prosesor MediaTek Helio A22 Quad-core 2 GHz.

Bedanya, prosesor MediaTek Helio P22 menawarkan inti yang lebih banyak dibandingkan prosesor Helio A22. Dan tentu saja, hal ini akan membuat kinerjanya lebih bagus.

Sementara itu, untuk mengimbangi kinerja dari prosesor seri menengah tersebut, Xiaomi Redmi 6 memiliki dua varian, yakni RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB.

Sedangkan saudaranya, perangkat Xiaomi Redmi 6A, hanya hadir dalam satu varian saja di Indonesia, yaitu varian dengan dukungan RAM 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Kamera

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 6A - Kamera

Selain performanya yang berbeda, sektor kamera yang diusung oleh kedua perangkat Xiaomi ini juga berbeda, di mana Xiaomi Redmi 6 telah mengusung kamera utama ganda sedangkan Xiaomi Redmi 6A belum.

Xiaomi Redmi 6 hadir dengan kamera beresolusi 12 MP + 5 MP lengkap dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence), sementara Xiaomi Redmi 6A mengusung kamera tunggal beresolusi 13 MP.

Namun di sektor kamera depannya, kedua perangkat ini sama-sama menawarkan spesifikasi yang serupa, yakni dengan kamera beresolusi 5 MP, yang sudah cukup mumpuni untuk mengambil foto selfie.

Fitur Tambahan

Kedua perangkat ini memiliki dukungan yang hampir mirip, dari mulai kapasitas baterai 3.000 mAh, port microUSB 2.0, Sistem Operasi MIUI 9.0 berbasis Android 8.1 Oreo, dan telah dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang biasa ada di perangkat kelas atas.

Harga

Xiaomi Redmi 6A dijual lebih murah dengan harga Rp 1.249.000 mulai 10 September 2018, sementara Xiaomi Redmi 6 dijual dengan harga Rp 1.999.000 untuk varian RAM 3 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian RAM 4 GB mulai 6 September 2018 ini.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri, Xiaomi Redmi 6 memang menawarkan beberapa hal yang lebih unggul jika dibandingkan saudaranya. Namun, jika harga murah menjadi patokannya, Xiaomi Redmi 6A juga cukup layak untuk dipinang.

Leave a Comment