Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6A vs Xiaomi Redmi 5A. Apa Peningkatannya?

Xiaomi Redmi 6A vs Redmi 5A - Header

Gadgetren – Baru saja, Xiaomi meluncurkan perangkat murah terbarunya untuk menyasar pasar di kelas entri. Apa lagi kalau bukan Xiaomi Redmi 6A yang lahir bersamaan dengan saudaranya Redmi 6.

Munculnya perangkat baru dari Xiaomi ini, tentu saja tidak terlepas dari kesuksesan Xiaomi menghadirkan seri Xiaomi Redmi 5A yang muncul di penghujung tahun 2017 lalu.

Meneruskan kesuksesan tersebut apakah Xiaomi Redmi 6A membawa kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya? Bagi yang penasaran, berikut ini perbandingan dari kedua ponsel andalan Xiaomi ini.

Xiaomi Redmi 6A vs Xiaomi Redmi 5A

Layar

Xiaomi Redmi 6A vs Redmi 5A - Layar

Hadir belakangan, Xiaomi Redmi 6A tentu saja membawa desain layar kekinian dengan ukuran layar 5,45 inci yang beresolusi HD+ (1440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 18:9.

Sementara itu, Xiaomi Redmi 5A masih menggunakan desain layar lama, dengan ukuran layar 5 inci dengan resolusi HD (1280 x 720 piksel) berteknologi IPS, dan masih menggunakan aspek rasio 16:9.

Performa

Kedua perangkat ini memiliki prosesor yang sangat berbeda, di mana Xiaomi Redmi 6A mempercayakan kinerjanya pada MediaTek Helio A22 Quad-core 2 GHz, sementara pendahulunya menggunakan Snapdragon 425.

Sebagai tambahan informasi, prosesor MediaTek Helio A22 ini diklaim memiliki CPU yang dapat berjalan 30 persen lebih cepat dan GPU yang berjalan 72 persen lebih cepat dari kompetitornya.

Sedangkan untuk urusan RAM dan memori internalnya, Xiaomi Redmi 6A di Indonesia menawarkan kapasitas yang sama dengan Xiaomi Redmi 5A, yakni RAM 2 GB dan memori internal 16 GB yang bisa diperluas dengan MicroSD hingga 256 GB.

Sistem Operasi

Xiaomi Redmi 6A vs Redmi 5A - Sistem

Hadir sebagai perangkat yang lebih baru, Xiaomi Redmi 6A telah mengusung sistem MIUI 9.0 berbasiskan Android 8.1 Oreo, sementara Xiaomi Redmi 5A masih MIUI 9 berbasis Android 7.1.2 Nougat.

Kamera

Kamera kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang serupa, dengan kamera 13 MP ber-arperture f/2.2 lengkap dengan PDAF dan LED Flash pada kamera utama, serta kamera 5 MP pada kamera selfie-nya.

Baterai

Meskipun mengusung jeroan yang sedikit berbeda, Xiaomi Redmi 6A tampaknya masih mempertahankan baterai dengan kapasitas 3.000 mAh seperti yang digunakan pada Xiaomi Redmi 5A.

Harga

Xiaomi Redmi 6A hadir di Indonesia dengan banderol harga  Rp 1.249.000 dan baru akan dijual secara eksklusif mulai tanggal 10 September 2018 mendatang, sementara Xiaomi Redmi 5A saat ini masih dijual dengan harga Rp 1.299.000.

Kesimpulan

Tentu saja dengan harga yang lebih murah, Xiaomi Redmi 6A layak untuk menggantikan perangkat Xiaomi Redmi 5A milikmu, apalagi dengan desain kekinian dan performa yang ditingkatkan.

Namun, bagi kamu yang tidak percaya dengan keandalan prosesor MediaTek, ada baiknya kamu mengurungkan niatmu untuk upgrade Xiaomi Redmi 5A milikmu ke Xiaomi Redmi 6A.

Leave a Comment