Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6A VS OPPO A3s: Tak Sebanding, Tapi Tidak Kalah Saing?

Redmi 6A vs OPPO A3s Header

Gadgetren – Kalau ngomongin ponsel dengan harga terjangkau, Xiaomi dan OPPO adalah dua perusahaan yang cukup punya andil di kelas tersebut. Sebut saja, Xiaomi punya Redmi 6A dan OPPO punya A3s.

Dua ponsel ini memang sebenarnya tidak bisa dibandingkan, karena harga dan spesifikasinya sedikit timpang. OPPO A3s yang dijual lebih mahal memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang lebih besar.

Namun pada segi lain, Xiaomi Redmi 6A ternyata menawarkan sesuatu yang lebih inovatif jika dibandingkan dengan OPPO A3s. Supaya lebih jelas, berikut ini ulasan perbandingan dari kedua perangkat tersebut.

MediaTek Helio A22 VS Snapdragon 450, Mana Yang Lebih Handal?

Redmi 6A vs OPPO A3s - Kinerja

Hadirnya Redmi 6A memang cukup membuat kaget banyak orang. Pasalnya, pada seri terbaru Redmi yang digunakan untuk menyapa pengguna di kelas entri ini, Xiaomi tidak lagi menggunakan chipset buatan Qualcomm.

Xiaomi menghadirkan Redmi 6 dan 6A dengan chipset buatan MediaTek. Yang secara khusus pada Redmi 6A, Xiaomi menggunakan MediaTek Helio A22 yang diklaim menawarkan kemampuan lebih baik dari chipset Redmi 5A, yakni Snapdragon 425.

Chipset Helio A22 ini disebutkan mampu memberikan kinerja mumpuni hingga 30 persen lebih cepat dan GPU yang luar biasa hingga 72 persen lebih cepat dibanding alternatifnya, yang bisa jadi itu adalah Snapdragon 425.

Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan Snapdragon 450 yang dimiliki oleh OPPO A3s? Secara tertulis, ternyata MediaTek Helio A22 ini mampu dipacu hingga 2,0 GHz sementara Snapdragon 450 hanya sampai 1,8 GHz.

Atau dengan kata lain, chipset buatan MediaTek tersebut bisa dipacu dengan lebih cepat daripada chipset yang digunakan OPPO A3s sehingga perangkat bisa lebih berkinerja.

Selain itu, chipset MediaTek Helio A22 (12 nm) juga dibangun dengan pabrikasi yang lebih kecil dibandingkan Snapdragon 450 (14 nm), yang artinya chipset tersebut seharusnya lebih dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Lebih Mahal, Kameranya Lebih Canggih?

Redmi 6A vs OPPO A3s - Kamera

Redmi 6A memang belum dilengkapi dengan kamera ganda, baik di kamera depan maupun utamanya. Namun, perangkat ini telah dilengkapi dengan kamera utama yang cukup setara dengan OPPO A3s yang punya kamera ganda.

Sebagai bahan pertimbangan, kedua perangkat ini menawarkan kamera utama beresolusi 13 MP dan bedanya OPPO telah dilengkapi dengan lensa tambahan sebesar 2 MP.

Namun di sisi kamera depan, OPPO A3S membawa kamera yang lebih baik, karena dilengkapi dengan resolusi yang lebih besar, yakni 8 MP, sementara Redmi 6A hanya memiliki kamera depan sebesar 5 MP.

Kapasitas Baterai Sesuai Chipset-nya?

Redmi 6A vs OPPO A3s - Baterai

Membawa dukungan chipset yang seharusnya lebih efisien, Redmi 6A dilengkapi dengan baterai yang lebih kecil. Dalam catatannya, Xiaomi menyematkan baterai berkapasitas 3.000 mAh sedang OPPO A3s memiliki kapasitas baterai sebesar 4.230 mAh.

Dalam review yang pernah dilakukan oleh tim Gadgetren, Xiaomi Redmi 6A mampu menawarkan daya tahan baterai yang cukup untuk melakukan kegiatan harian, dan mendapat waktu penggunaan sekitar 10 jam 5 menit untuk menghabiskan baterai hingga ke 15 persen.

Tinggalkan Komentar