Gadget Smartphone

Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 5. Sudah Tahu Bedanya?

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 5 - Header

Gadgetren – Hadirnya Xiaomi Redmi 6 ke Indonesia tentunya tidak bisa dilepaskan dari tren positif yang diperoleh Xiaomi saat merilis perangkat pendahulunya, yakni Xiaomi Redmi 5.

Tidak bisa dipungkiri memang, perangkat baru buatan Xiaomi ini merupakan perangkat yang digadang-gadang dapat menyegarkan lini Redmi menggantikan perangkat pendahulunya tersebut.

Secara teknis, Xiaomi membawa beberapa peningkatan untuk melakukan hal tersebut. Bagi yang penasaran, kamu dapat melihatnya melalui ulasan perbandingan Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 5 berikut ini.

Xiaomi Redmi 6 vs Xiaomi Redmi 5

Layar

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 5 - Layar

Meskipun sama-sama mengusung resolusi HD+ (1440 x 720 piksel) dengan rasio 18:9, tetapi Xiaomi Redmi 5 menawarkan ukuran layar yang lebih besar jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi.

Xiaomi Redmi 5 memiliki layar berteknologi IPS yang berukuran 5,7 inci, sementara suksesornya hanya mengusung layar berteknologi IPS dengan ukuran 5,45 inci.

Performa

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 5 - Performa

Di sektor kinerjanya, perangkat Xiaomi Redmi 6 menawarkan peningkatan dari pendahulunya. Xiaomi Redmi 6 telah dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P22 yang secara teknis setara dengan Snapdragon 636.

Selain itu, perangkat baru Xiaomi ini juga telah menggunakan konfigurasi RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori internal sebesar 64 GB.

Sementara pendahulunya, Xiaomi Redmi 5, masih berbekal Snapdragon 450 yang secara tertulis berada di bawah level prosesor MediaTek Helio P22 atau Snapdragon 636.

Sedangkan di sektor RAM, Xiaomi Redmi 5 memiliki dua varian perangkat, perangkat dengan RAM 2 GB untuk memori internal 16 GB dan RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB.

Kamera

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 5 - Kamera

Di sektor kameranya pun, kamera utama Xiaomi Redmi 6 lebih unggul jika dibandingkan pendahulunya. Xiaomi Redmi 6 telah dilengkapi kamera ganda 12 MP + 5 MP, PDAF, Artificial Intelligence (AI), PDAF, dan LED Flash.

Namun, di sektor kamera depannya, kedua perangkat ini bisa dianggap setara, karena keduanya sama-sama hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi 5 MP.

Baterai

Meskipun mengusung performa yang lebih baik, Xiaomi Redmi 6 ternyata mengandalkan baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan perangkat pendahulunya.

Xiaomi Redmi 6 hadir dengan membawa baterai berkapasitas sebesar 3000 mAh, sementara Xiaomi Redmi 5 telah menggunakan baterai dengan kapasitas sebesar 3.300 mAh.

Fitur Tambahan

Xiaomi Redmi 6 vs Redmi 5 - Face Unlock

Xiaomi Redmi 6 hadir dengan beberapa fitur yang ditingkatkan dari perangkat sebelumnya, termasuk sistem operasi yang sudah MIUI 9 berbasis Android 8.1 Oreo, dukungan Face Unlock, dan kecerdasan buatan untuk kameranya.

Harga

Xiaomi Redmi 6 dibanderol dengan harga Rp 1.999.000 untuk varian RAM 3 GB + memori internal 32 GB dan Rp 2.399.000 untuk varian RAM 4 GB + memori internal 64 GB.

Sementara Xiaomi Redmi 5 dibanderol dengan harga Rp 1.699.000 untuk varian RAM 2 GB + memori internal 16 GB dan Rp 1.899.000 untuk varian RAM 3 GB + memori internal 32 GB.

Kesimpulan

Dengan harga yang hampir mirip untuk varian dengan konfigurasi RAM dan memori internal yang sama, Xiaomi Redmi 6 memang layak untuk dibeli, apalagi beberapa hal di dalamnya telah ditingkatkan oleh pihak Xiaomi.

Namun, jika kamu memiliki dana yang cukup terbatas, Xiaomi Redmi 5 bisa menjadi pilihan karena memiliki varian RAM 2 GB yang dijual lebih murah, dan menariknya kamu bisa dapat baterai yang lebih besar.

Tinggalkan Komentar